Tips Wujudkan Rumah Yang Adem Tanpa AC

Tips wujudkan rumah yang adem tanpa AC yang bisa dicoba dan ampuh 100 persen. Biar makin nyaman dan betah tinggal di dalam rumah. Selain itu, juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk listrik. Bagaimana caranya? yuk baca artikel ini sampai habis!

tips wujudkan rumah yang adem tanpa ac griya bangun indonesia

Agar menciptakan suasana rumah yang dingin, perlu memperhatikan beberapa faktor. Seperti sirkulasi udara rumah, bahan material yang digunakan dll.

Sirkulasi udara harus mengalir dengan lancar dari luar rumah ke dalam rumah dan keluar rumah lagi. Sehingga, udaranya tidak menumpuk di dalam rumah yang mengakibatkan rumah akan terasa pengap.

Bahan material seperti pemilihan batu bata atau batako untuk pembuatan tembok juga diperlu diperhatikan. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Salah satu keunggulan batu bata adalah mampu meredam panas, sehingga membuat rumah terasa sejuk alami.

BACA JUGA : Keunggulan batu bata untuk membangun rumah, Keunggulan batako untuk membangun rumah

Selain itu, pemilihan bahan material untuk penutup atap juga berpengaruh untuk menciptakan udara rumah yang adem. Karena saat ini telah ditemukan berbagai alternatif pilihan sebagai penutup atap selain genteng tanah liat. Misal, genteng beton, genteng keramik dll. Masing-masing genteng memiliki keunggulannya masing-masing.

BACA JUGA : 5 jenis genteng serta keunggulannya 

Lalu selain bahan material yang perlu dipertimbangkan utuk menciptakan rumah yang adem tanpa AC?

Berikut adalah tips yang bisa anda terapkan :
  1. Pastikan rumah memiliki ventilasi silang. Maksudnya adalah adanya ruang  bukaan yang saling berhadap-hadapan. Ketika pintu rumah di buka, udara bakalan masuk. Ketika udara telah masuk, udara akan mencari jalan keluar. Disitulah diperlukan sebuah jendela atau pintu atau bagian rumah yang khusus dibuat agar udara keluar.
  2. Membuat vertikal garden. Dengan semakin banyaknya tumbuhan yang ada dirumah, semakin banyak pula oksigen yang bisa dihasilkan.
  3. Memaksimalkan bukaan. Artinya, ketika membuat rumah pastikan anda tidak asal-asalan dalam memilih ukuran jendala, titik letak dsb. Hindari membangun rumah yang minim jendela dan ukuran jendela yang kecil karena akan menghambat sirkulasi udara.
  4. Buatlah kolam ikan. Ternyata, dengan adanya kolam ikan dapat membuat rumah  terasa sejuk loh. Anda dapat membuatnya pada bagian depan rumah dan belakang rumah. Tidak perlu membuat dalam ukuran yang besar, yang kecil juga tidak masalah.

Itulah, beberap tips untuk membuat rumah adem tanpa AC yang bisa anda terapkan.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini