Tips Menentukan Ukuran Meja Dapur Cor Minimalis Paling Ideal

Tips menentukan ukuran meja dapur cor minimalis paling ideal untuk ciptakan pengalaman memasak yang lebih baik. Meja dapur memiliki peran yang penting dalam sebuah dapur. Peran penting tersebut antara lain untuk tempat menaruh sayuran, untuk memotong-motong sayura, tempat menempatkan furniture lainnya. Oleh karena itu, sekarang banyak kita jumpai orang yang menjual meja dapur siap pakai.

Dengan adanya meja dapur siap pakai, kita jadi tidak repot untuk menggunakan jasa renovasi rumah untuk membuat meja dapur. Namun, dibalik keuntungannya tersebut, terdapat kelemahan meja dapur yang sering dijumpai. Mulai dari ketahanan meja, lebar meja, tinggi meja hingga luas meja. Karena kekurangannya tersebut, akibatnya pengalaman memasak jadi kurang memuaskan. Mau tidak mau ya harus bikin meja dapur sendiri.

Agar lebih kuat, meja dapur yang dibuat bukan berasal dari material kayu melainkan cor. Selain kuat, meja dapur yang terbuat dari cor memiliki daya tahan yang lama dan kokoh dibandingkan meja dapur siap pakai. Model meja dapur cor itu bermacam-macam. Bisa dibuat mewah maupun minimalis, tetapi pada artikel kali ini akan dibawah meja dapur cor minimalis saja. Alangkah baiknya sebelum mulai membangun meja dapur cor minimalis, sangat penting untuk mengukurnya terlebih dahulu.

Nah, penasaran cara bikin meja dapur cor minimalis paling ideal ? Scroll sampai kebawah ya!

Buat Tinggi Meja Dapur Paling Ideal

 

menentukan-ukuran-tinggi-meja-dapur-cor-minimalis-griya-bangun-indonesia
residentialproductsonline.com

Untuk membuat dapur cor minimalis ideal yang pertama kali harus dipertimbangkan adalah ukuran tinggi meja dapur tersebut. Yang dimaksud dengan ukuran tinggi meja dapur, perbandingan antara lantai dan meja dapur ke atas. Tinggi meja dapur yang ideal perlu disesuaikan dengan tinggi orang yang menggunakannya. Dengan begitu, akan membuat pengalaman memasak yang luar biasa tanpa perlu membungkuk atau menggunakan ganjalan kaki.

Untuk tinggi rata-rata orang dewasa misal 160 cm , maka tinggi meja dapur untuk mencuci adalah 80 cm. Sementara meja dapur untuk memasak sekitar 65-70 cm. Jangan membuat tinggi meja yang terlalu rendah. Karena jika ada balita atau hewan peliharaan yang masuk, mereka dapat merusak makanan. Jadi, pastikan juga untuk membuat ukuran meja yang tingginya susah dijangkau oleh mereka.

Lebar Meja Yang Ideal

 

menentukan-ukuran-lebar-meja-dapur-cor-minimalis
dekoruma.com

Setelah tinggi meja selesai ditentukan, selanjutnya adalah menentukan ukuran lebar meja dapur yang akan dibangun. Kami menyarankan ukuran menggunakan lebar meja dapur berukuran 65 – 70 cm. Karena ketika proses memasak, pasti banyak bahan makan akan memenuhi meja dapur, belum lagi benda-benda tajam seperti pisau, gunting. Belum lagi furniture seperti cobek dll pasti akan  memenuhi dapur meja. Oleh karena itu, dengan lebar 65 – 70 cm sangatlah pas dan ideal. Semua peralatan tidak akan jatuh dan proses memasak jadi lebih aman.

Panjang Meja Dapur Cor yang Ideal

 

menentukan-ukuran-panjang-meja-dapur-cor-minimalis-griya-bangun-indonesia
livingetc.com

Nah, berkaitan dengan panjang meja dapur cor ini yang diperlu diperhatikan adalah luas rumah anda. Semakin luas ukuran dapurnya, maka semakin baik juga meja dapur yang akan dibangun. Namun, jika ukuran rumahnya tidak terlalu luas maka patut diperhatikan berapa meter yang akan diambil. Karena hal ini akan berkaitan dengan space ruang yang tersisa yang bisa dimanfaatkan untuk yang lain.

Apakah Anda memiliki rumah yang memiliki ukuran  tidak  luas tapi ingin membuat dapur yang estetik ? Tenang saja, kami sudah memberikan referensi terbaik. Baca artikelnya disini.

BACA JUGA : 5 Ide Desain Dapur Terbuka Untuk Rumah Tipe 36

Jadi, untuk membuat panjang meja dapur yang ideal adalah yang mampu menampung semua peralatan masak. Misal, jika rumah Anda tidak terlalu luas pastikan pang meja dapur mampu untuk menyediakan ruang untuk kompor. Tetapi jika rumah Anda luas seperti gambar diatas, anda bisa membuat panjangnya mengikuti panjang tembok.

Bentuk Meja Cor Minimalis yang Ideal

 

inspirasi-model-meja-dapur-cor-minimalis-industrial-griya-bangun-indonesia
homedit.com

Tujuan dari menentukan bentuk meja cor ini adalah untuk mempermudah mengambil beberapa peralatan hingga rempah-rempah saat memasak. Karena terkadang kita menjumpai bentuk meja dapur yang penempatan furniture-nya sangat jauh, mau tidak mau akhirnya kita harus kesana kemari untuk mengambil furniture tersebut. Alhasil, waktu memasak jadi lebih lama.

Bentuk meja dapur yang efisien dapat membantu proses memasak jauh lebih hemat waktu. Tidak perlu kesana kemari dan beranjak dari posisi berdiri untuk mengambil furniture dan rempah-rempah.

Bentuk meja dapur yang umum dijumpai adalah Letter L, I, dan U. Bentuk meja dapur Letter L biasanya di tempatkan di bagian pojok rumah , dibuat memanjang dan menyatu dengan meja makan. Bentuk meja dapur Letter I cocok untuk digunakan pada rumah yang ukurannya mungil atau ingin desain dapur yang memanjang. Sementara desain meja dapur Letter U sangat pas untuk rumah mungil karena akan memanfaatkan semua sudut yang ada.

Bingung pilih model dapur yang ideal ? Yuk, konsultasi gratis dengan Griya Bangun Indonesia disini.

Saluran Air dan Pembuangan Air

 

meja-dapur-cor-minimalis-dengan-lapisan-keramik-putih
dekoruma.com

Air menjadi elemen yang sangat penting bagi keberhasilan sebuah masakan. Mulai untuk mencuci bahan-bahan masakan hingga masakan yang memang membutuhkan Air. Seperti soto, sop ayam, mie rebus kuah dll. Oleh karena itu, mejad dapur yang baik adalah meja dapur yang menyediakan saluran air dan pembuangan air yang baik.

Saran kami adalah gunakan pipa dan keran air dengan merk yang terbaik, supaya dapat dipakai dalam jangka yang panjang tanpa perlu takut terjadi kerusakan dalam waktu dekat. Tidak mengerti cara memasang dan memperbaiki saluran air? hubungi jasa renovasi profesional kami.

Material Pelapis Biar Dapur Makin Kece

 

model-meja-dapur-cor-minimalis-berlapis-keramik-warna-cokelat
dekoruma.com

Sebenarnya membangun meja dapur cor tanpa pelapis itu bisa saja. Tetapi jika dibiarkan begitu saja, maka akan menciptakan kesan dapur yang industrial. Nah, sementara selera orang itu berbeda-beda. Ada yang ingin menciptakan kesan dapur modern, lebih ceria dengan warna-warni, japandi dll.

Oleh karena itu, meja dapur cor minimalis memerlukan sebuah pelapis seprti keramik atau marmer untuk menciptakan kesan yang berbeda. Dua material ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap panas, tidak mudah meleleh. Pori-porinya juga sangat rapat sehingga tidak akan menyerap noda makanan ataupun kuah yang jatuh di sekitar meja.

Itulah tips yang patut dipertimbangkan untuk membangun meja dapur cor minimalis paling ideal dari Griya Bangun Indonesia.

BACA JUGA : 6 Contoh Desain Denah Rumah Minimalis Ukuran 6 x 8 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini