Tips Memilih Kipas Angin Dinding

Kipas angin dinding memang selalu di andalkan oleh keluarga Indonesia untuk menyejukkan seisi semua rumah. Pengeluaran listrik Anda juga lebih hemat di bandingkan menggunakan AC. Kalau di bandingkan dengan kipas angin jenis lainnya, model kipas angin dinding tergolong space-saving dan efisien karena di gantungkan di dinding bagian atas sehingga jangkauan anginnya lebih luas.

Maka dari itu, jangan sembarang pilih kipas angin dinding. Perhatikan tips dan rekomendasi terbaiknya dari Griya Bangun Indonesia di bawah ini!

Perhatikan Ukuran Kipas Angin Dinding

Tips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Kipas angin walaupun di letakkan di atas dinding dan sangat tidak mengganggu lalu lintas penghuni, tetap saja Anda harus menyesuaikan ukuran kipas angin tersebut. Untuk ruangan yang besar, tentu kipas anginnya harus besar supaya dapat menjangkau ke semua sudut.

Sebaliknya, dengan kipas angin dinding kecil lebih cocok untuk ruangan yang mungil agar hembusan angin minimumnya tidak terasa berlebihan. Sementara itu, untuk baling-balingnya, ukuran yang standar cukup untuk menyejukkan ruangan adalah ukuran 16 inch dengan diameter 40 cm dan berjumlah 3 bilah.

Pilihlah yang Dilengkapi Remote ControlTips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Karena kipas angin berada bagian atas, kipas angin dinding sulit di kontrol dengan menggunakan tangan. Baik untuk mengatur kecepatan, menyalakan maupun menyesuaikan arah angin. Dengan remote control, Anda bisa mengatur kipas angin tanpa perlu memanjat terlebih dulu. Jika tidak ada remote control, idealnya kipas angin tersebut memiliki tali untuk menarik tombol pengatur kecepatan kipas angin.

Baca Juga : Tips Memilih Kipas Angin Dinding

Bobot Kipas Angin dan Kualitas DindingTips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Sebelum Anda memilih kipas angin dinding atau wall fan, kenali dulu kualitas dari dinding rumah Anda. Jika dinding tipis dan tidak memiliki konstruksi yang kuat, dinding akan retak ketika di pasang kipas angin tersebut. Masing-masing kipas angin memiliki bobot dan cara pemasangan yang berbeda. Anda bisa berkonsultasi dengan penjual kipas angin terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang terbaik.

Mudah Ketika Bongkar PasangTips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Kipas angin wajib di bersihkan dari debu supaya bisa mengeluarkan angin secara lancar. Karena posisinya kipas angin di atas, tentunya Anda harus cari kipas angin dinding yang mudah di lepas-pasang. Cari tahu apakah bagian penopangnya menggunakan sekrup pengaman atau hanya cuman berupa cantolan besi yang bisa di angkat. Begitu pula untuk kerangka dan baling-balingnya. Apabila bisa di lepas-pasang dengan mudah, Anda akan lebih nyaman membersihkannya dengan alat pembersih berupa kain lap bisa juga mengunakan air.

Ketahui Daya dan Voltase Kipas Angin DindingTips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Beda kipas angin maka beda juga daya dan voltasenya. Kipas angin dinding pada umumnya memiliki daya 30-50 watt. Perlu ketahui daya dan voltase dari kipas angin yang Anda incar, lalu pertimbangkan apakah kapasitas listrik di rumah Anda sudah sesuai.

Rekomendasi Kipas Angin Dinding Terbaik

Tidak usah bingung memilih kipas angin dinding yang terbaik? Tenang, berikut ini Griya Bangun Indonesia juga punya beberapa rekomendasi produknya untuk Anda. Yuk, langsung saja kita simak bersama!

1. Cosmos Wall Fan 16 Inch – 16WFW

Tips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Kipas angin wall fan dari Cosmos ini juga memiliki bilah berukuran 16 inch yang di lengkapi 3 level kecepatan dan tombol berhenti. Baling-balingnya di buat secara lebar sehingga dapat menyebarkan angin sejuk lebih merata. Daya listriknya sendiri sebesar 46 watt.

Baca Juga : Rekomendasi Model Meja Anti Mainstream

2. Panasonic Wall Fan F-EU409

Tips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Kipas angin dari brand Panasonic yang satu ini memakan daya listrik 40 watt. Kecepatan kipas anginnya mencapai 2.640 m³/h. Dengan demikian, mesinnya tidak berisik sehingga cocok untuk menemani waktu tidur.\

3. Miyako Wall Fan 16 Inch

Tips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Berikutnya ada kipas angin wall fan Miyako yang di lengkapi dengan remote control dan juga tombol soft touch. Ukuran bilah kipasnya 16 inch dengan daya listrik 65 watt dan voltase 220 volt. Tinggal gantungkan saja pada dinding ruangan di hunian dan nyalakan kipasnya dari sofa atau tempat tidur Anda menggunakan remote, maka angin sejuk langsung menyebar ke seluruh ruangan.

4. Cosmos Wall Fan 16 Inch – 16WFG

Tips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

 

Kali ini ada kipas angin dinding dengan warna hitam yang bakal membuat rumah tampil elegan dan modern. Kipas di rancang khusus untuk menghasilkan angin yang sejuk dan merata ke seluruh ruangan. Daya listriknya sendiri 46 watt ketika di nyalakan.

5. Miyako Desk Wall Fan 12 Inch

Tips Memilih Kipas Angin Dinding-GBI

Rekomendasi kipas angin yang terakhir datang dari merek Miyako lagi. Kipas angin dinding ini multifungsi sebagai kipas angin meja juga bisa. Selain itu, kipas angin ini juga di lengkapi dengan fitur thermofuse yang mampu mencegah motor kipas menjadi over heat. Bahannya terbuat dari plastik sehingga mudah di buka dan bobotnya ringan. Daya listrik yang di butuhkan 45 watt dengan tegangan 220 volt.

Baca JugaRekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Romantis

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini