Tips Desain Ruang Minimalis

Tips desain ruang minimalis yang bisa diterapkan untuk hunian anda.

Memiliki rumah dengan ukuran yang tidak begitu luas bukanlah menjadi halangan untuk tetap berkreasi menyusun desain interior yang bagus. Ukuran rumah yang dapat dikatan sebagai ukuran yang tidak begitu luas adalah rumah tipe 40 atau yang biasanya hanya memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Lihatlah masyarakat jepang yang menyukai hal-hal yang sifatnya kecil. Mulai dari bonsai hingga rumah yang memiliki ukuran kecil. Meskipun rumah mereka kecil, tapi desain interiornya sangat baik. Oleh karena itu, ruangan yang tidak terlalu besar sebenarnya bisa dioptimalkan dengan baik.

Bagaiamana cara menata desain ruangan yang minimalis? Yuk baca artikelnya sampai habis !

Tips desain ruang minimalis

Cara terbaik untuk desain ruangan minimalis adalah dengan mempertimbangkan fungsi daripada kesan estetisnya. Maksudnya adalah dengan memilih furniture yang memang dibutuhkan saja, bukan untuk menonjolkan agar ruangan terlihat ramai.

Misal, jika membutuhkan meja atau kursi, carilah ukuran yang tidak terlalu besar dan desainnya juga minimalis. Jangan membeli dengan desain yang terlalu besar, karena akan memakan ruangan yang banyak.

Selain memilih furniture yang sesuai kebutuhan, anda juga harus memilih furniture yang benar-benar disukai. bukan hanya suka, tapi benar-benar disukai. Hal ini akan meminimalisir jumlah furniture yang ada diruangan. Ruangan minimalis bukanlah ruangan yang cocok untuk furniture yang besar atuapun kecil dalam jumlah yang banyak. Karena akan memakan ruangan yang banyak sehingga ruangan akan terlihat kecil. Oleh karena itu, taruhlah furniture yang benar-benar anda sukai saja.

Cara lain untuk mendesain ruangan minimalis adalah dengan menciptakan titik fokus (focal point). Misal, jika anda memberikan sebuah lukisan yang agak besar di dinding ruang tamu. Besar kemungkinan, yang akan lebih diperhatikan adalah lukisan tersebut. Atau misal jika anda memberikan sebuah akuarium pada ruang tamu, maka besar kemungkinan yang menjadi daya tarik ruang tamu adalah akuarium tersebut.

Faktor terakhir yang dipertimbangkan untuk mendesain ruangan minimalis agar terlihat bagusa adalah dengan memilih warna cat dinding yang baik. Menurut Griya Bangun Indonesia, warna cata dinding yang baik untuk ruangan minimalis adalah warna putih.

BACA JUGA : Cara cepat menghilangkan noda cat di keramik 

Jika anda tidak memiliki pengalaman atau referensi untuk mendesain rumah. Kami sarankan agar menggunakan jasa desain arsitek

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini