Rencana Anggaran Biaya Sederhana Untuk Wujudkan Rumah Impian

Rencana anggaran biaya sederhana yang bisa dilakukan untuk membangun rumah impian jadi lebih efektif dan efisien.

rencana anggaran biaya sederhana

 

Dalam membangun sebuah rumah, menghitung rencana anggaran biaya merupakan hal yang wajib. Hal ini dilakukan agar proses pengerjaan rumah sesuai budgjet, kalaupun ada kurang atau lebih nya tidak banyak.

Meskipun banyak kita temukan, biasanya dalam membangun rumah tidak rencana anggaran biaya rumah tidak dibuat dengan baik. Namun hanya menggunakan perkiraan dan tidak ada catatan khusus seperti nota pembelian dll. Sehingga pada akhirnya sulit di kalkulasi berapa total dana yang telah dihabiskan untuk rumah tersebut. Nah, harapannya dengan artikel ini, anda bisa membuat rencana anggaran biaya sendiri yang  sederhana. Setidaknya untuk mengetahui berapa besaran dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah anda.

Lalu, bagaimana cara membuat rencana anggaran biaya pembangunan rumah yang sederhana?

  1. Mulailah dengan hal-hal pokok. Misal, jika anda sudah mempunyai tanah, hitunglah luas tanah anda kemudian hitung luas tanah (panjang x lebar). Namun jika anda belum mempunyai tanah, hitunglah harga per meter tanah tersebut. kemudian kalikan dengan luas tanah untuk bangunan rumah anda.
  2. Hitung jumlah semen. Setelah mengetahui luas tanah yang akan dibangun, lebih baik anda mempertimbangakan jumlah semen yang akan anda butuhkan. Untuk mempermudah menghitung berapa banyak karung semen yang anda butuhkan, alangkah baik nya anda konsultasikan dengan jasa kontraktor yang anda pilih.
  3. Hitunglah jumlah batu bata yang dibutuhkan. Sebenarnya untuk membangun dinding atau tembok rumah tidak hanya  menggunakan batu bata. Terdapat opsi lain seperti batako dll. Namun yang perlu diperhatikan adalah anda harus menghitung berapa ratus atau ribu batu bata yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Biasanya harga batu bata atau batako di jual dengan harg per biji atau per seratus. Dengan begitu anda lebih mengerti berapa banyak kuantitas yang dibutuhkan dan berapa dana yang perlu disiapkan. Sekali lagi, jika anda bingung cara menentukannya, kosultasikan dengan jasa kontraktor atau mandor yang anda pilih.

Ketika hal tersebut merupakan hal-hal pokok dan sederhana yang tidak boleh anda lupakan dalam membuat rencana anggaran biaya. Meskipun sebenarnya masih banyak lagi komponen-komponen yang harus di tuliskan dalam rencana anggaran biaya seperti paku, kawat, kayu, besi dll.

Jangan lupa, selain bahan bangunan yang harus anda hitung. Jasa kontraktor, mandor, arsitek dan tukang juga harus anda hitung juga. Misal, gaji tukang per hari dll.

Apakah membangun rumah terlihat sulit bagi anda? Yuk, Konsultasi GRATIS dengan Griya Bangun Indonesia.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini