Pentingnya RAB Pembangunan Griya Bangun indonesia

Pentingnya RAB Pembangunan Sebelum Bangun Baru dan Renovasi

Pentingnya RAB Pembangunan Sebelum Bangun Baru dan Renovasi

Ketika hendak membangun dari nol atau merenovasi rumah, cafe, kantor, kos dll hendaknya Anda telah mempertimbangkan perhitungan dana secara rinci agar tidak ada kendala keuangan di tengah jalan. Maka dari itu Anda memerlukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar dana yang telah Anda siapkan sudah sesuai dengan tujuan.

RAB (Rencana Anggaran Biaya) adalah perencanaan biaya yang dibutuhkan dalam suatu proyek pembangunan konstruksi atau proyek pembangunan. Dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) tercantum perkiraan biaya yang diperlukan mulai dari awal hingga selesai. RAB (Rencana Anggaran Biaya) membuat biaya yang dikeluarkan menjadi lebih jelas sehingga bisa menjadi patokan biaya pembangunan.

Dalam RAB (Rencana Anggaran Biaya) juga dijelaskan mengenai spesifikasi pekerjaan, perlengkapan dan peralatan kerja serta tenaga kerja yang terlibat didalamnya. Oleh karena itu, adanya RAB (Rencana Anggaran Biaya) ini berguna sebagai acuan dalam pembangunan agar berjalan lancar dan selesai dengan baik.

RAB (Rencana Anggaran Biaya) pembangunan meliputi beberapa komponen penting. Mulai dari spesifikasi pekerjaan hingga harga keseluruhan.

  1. Spesifikasi pekerjaan

RAB (Rencana Anggaran Biaya) pembangunan mencantumkan spesifikasi pekerjaan yang dilakukan, mulai dari yang ringan hingga berat.

  1. Volume pekerjaan

Setiap komponen pembangunan yang digunakan memiliki ukuran yang jelas. Satuan dalam pengukuran sebuah objek semua dituliskan.

  1. Satuan unit

RAB (Rencana Anggaran Biaya) pembangunan rumah juga terdapat satuan unit bahan bangunan.

  1. Material

Daftar material bangunan dituliskan secara rinci tanpa ada yang terlewatkan sekaligus dengan keterangan harga atau total biaya material.

  1. Upah Pekerjaan

Biaya untuk tenaga kerja terinci dengan baik. Penetapan biaya tenaga kerja biasanya berdasarkan kondisi dan situasi tertentu.

  1. Harga total

Total biaya keseluruhan proses pembangunan mulai dari awal hingga selesai.

 

BACA JUGA : 6 Tips Wujudkan Rumah Impian Bagi Millenial

 

Beberapa tujuan pentingnya menyiapkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) pembangunan

  • Anggaran biaya dapat digunakan sebagai alat ukur untuk semua pihak ketika melakukan perencanaan keuangan dalam proyek pembangunan.
  • Untuk melihat seberapa besar biaya yang dihabiskan oleh suatu owner pada proyek pembangunan.
  • Dapat dijadikan sebagai satu alat acuan bagi otoritas keuangan.
  • Sebagai alat ukur pencapaian target pribadi maupun perusahaan.

 

Konsultasikan Rencana Anggaran Pembangunan bersama tim Griya Bangun Indonesia, GRATIS!

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini