Pentingnya Gambar Kerja Konstruksi

Pentingnya Gambar Kerja Konstruksi

Pentingnya Gambar Kerja Konstruksi Griya Bangun Indonesai jasa kontraktor terbaik di malang

Kalau web devoloper butuh web design sebagai kiblat arah design website. Maka kontraktor membutuhkan gambar kerja untuk merealisasikan karyanya. Karena dengan gambar kerja, kontrakor dapat mudah memahami dan mengerti pekerjaannya akan dibentuk seperti apa. Tak hanya kontraktor saja loh yang harus mengerti dan memahami gambar kerja, tapi seluruh pekerja dan pemilik juga harus mengerti.

Kenapa gambar kerja begitu penting sih bagi kontraktor? selain telah disebutkan di atas, jawaban lainnya adalah karena di dalam gambar kerja terdapat spesifikasi dan syarat-syarat teknik pembangunan yang baik dan jelas. Seperti halnya web developer melihat web design dari figma misalnya, ia dapat mengerti element ini harus ini dibuat dengan apa dan bagaimana. Kontraktor juga seperti itu, namun hanya saja, isi gambarnya berbeda.

Lalu, apa saja komponen-komponen yang ada di dalam gambar kerja? Yuk baca terus sampai akhir.

Komponen gambar kerja biasanya tidak jauh dari hal-hal berikut :

  1. Block Plan dan Site Plan
  2. Denah
  3. Tampak (Depan, Samping, Belakang, Atas)
  4. Potongan
  5. Rencana Pondasi, Sloof, dan DetailRencana Balok lantai dan DetailRencana Atap, Plafond, dan Detail
  6. Rencana Pola Lantai dan Detail PemasanganPerletakan Pintu dan Jendela beserta Detail
  7. Rencana Air Bersih, Sanitasi, dan Detail
  8. Rencana Furniture dan Detail
  9. Rencana Elektrikal dan Titik Lampu
  10. Gambar-gambar rencana lainnya beserta detail yang diperlukan untuk menjelaskan bentuk, dimensi, dan detail konstruksinya

Agar lebih memudahkan kontraktor dalam mengerjakan proyek sesuai gambar kerja, maka dibutuhkan informasi yang lebih jelas lagi dari gambar yang disajikan. Yaitu kuantitas, atau jumlah bahan yang diperlukan. Misalkan, ukuran tinggi dinding yang dibuat adalah 7 meter, dengan bahan batu bata, dimana per meternya membutuhkan 400 batu bata, sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

 

BACA JUGA : Pentingnya RAB Pembangunan sebelum bangung baru atau renovasi

 

Kurang lebih itu pentingnya gambar kerja bagi kontraktor, jika anda memiliki jawaban lain, silahkan tulis di kolom komentar yah?! Jika anda ingin membangun ruma namun bingung membuat gambar kerjanya, serahkan saja pada Griya Bangun Indonesia. Karena telah berpengalaman mengerjakan gambar kerja baik perumahan maupun gedung.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini