Sanitasi air dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

Sanitasi adalah status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya. Sanitasi juga dapat ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar yang memengaruhi kesehatan manusia.

Pengertian santinasi air dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

Sanitasi adalah faktor penting faktor penting yang harus diperhatikan, terutama sarana air bersih, ketersediaan jamban, pengolahan air limbah, pembuangan sampah, dan pencemaran tanah. Pembuangan tinja dapat secara langsung mengontaminasi makanan, minuman, sayuran, air tanah, serangga dan bagian-bagian tubuh.

BACA JUGA: Tips Wujudkan Rumah Yang Adem Tanpa AC

Menurut para ahli,sanitasi memiliki banyak arti tersendiri. Maka dari itu di bawah ini adalah beberapa pengertian dari sanitasi secara lengkap yang perlu Anda ketahui:
  • Edward Scott Hopkins (1983), menyebutkan bila hal tersebut merupakan tindakan untuk mengawasi faktor lingkungan yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan.
  • Azrul Azwar MPH menyebutkan bila hal tersebut merupakan proses pengawasan faktor lingkungan yang bisa mengganggu kesehatan manusia.
  • Richard Sihite menyebutkan bila sanitasi adalah usaha pencegahan terhadap berbagai macam masalah kesehatan dengan melakukan tindakan tertentu.
  • WHO mengatakan bila ini adalah bentuk pengendalian faktor lingkungan fisik manusia yang bisa berakibat buruk terhadap kehidupan fisik dan mental manusia.
  • KBBI mengartikan sanitasi sebagai cara untuk menciptakan sekaligus membina kondisi yang lebih baik di dalam masyarakat, khususnya di bidang kesehatan
Jenis-jenis sanitasi dan manfaatnya

Sanitasi terbagi menjadi 3 macam. Di bawah ini adalah sedikit penjelasan tentang jenis sanitasi yang dibagi berdasarkan lingkungan dan beberapa manfaatnya yang bisa menjadi referensi untuk Anda:

1. Jenis-Jenis Sanitasi
Dilihat berdasarkan lingkungan, di bawah ini adalah beberapa jenis sanitasi yang perlu Anda ketahui:
  • Sanitasi Air

Pengertian sanitasi air dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari

Air merupakan sebuah aspek paling penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itulah kita harus menjaga kondisi sanitasi air bisa memiliki dampak yang sangat panjang bagi kehidupan.
  • Sanitasi Makanan
Hal ini bisa dilihat dan diketahui berdasarkan dari cara bakteri tumbuh pada makanan hingga kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam makanan apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak
  • Sanitasi Pengelolaan Sampah
Jenis ini merupakan jenis terakhir yang didalamnya meliputi sistem dan tata pengelolaan sampah dan limbah yang ada .
2. Manfaat Sanitasi
Sanitasi tidak boleh dianggap remeh karena hal tersebut adalah salah satu aspek penting yang harus dijaga dengan benar. Di bawah ini adalah manfaat sanitasi yang bisa Anda rasakan dengan menjaga sanitasi lingkungan dengan benar:
  • Bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat, bersih, dan nyaman. Lingkungan tempat tinggal yang sehat bisa membuat penyebaran penyakit menular dapat dicegah sejak dini. Penularan penyakit berbahaya juga bisa dapat ditekan secara maksimal dan menghindari wabah yang menyerang.
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya malnutrisi yang menyerang dan membahayakan bagi lingkungan.
  • Mengembalikan kondisi dari air di dalam tanah supaya menjadi lebih layak untuk digunakan.

Itulah pengertian sanitasi,bebrapa jenis sanitasi dan maanfaatnya.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini