Pengertian Jasa kontraktor beserta jenisnya

Jasa Kontraktor menurut Griya bangun pada umumnya adalah badan usaha yang bekerja untuk berdasarkan kontrak kerja tertentu. Mengerjakan sebuah proyek pembangunan memang tak bisa sembarangan membangun. Semuanya harus di pikirkan dan di rencanakan secara matang, agar waktu dan pengeluaran uang yang di keluarkan tidak begitu banyak.

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang di kontrak atau di sewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan perjanjian kontrak dan telah di sepakati dengan keahliannya.

Pada umumnya kontraktor mendapatkan proyek pekerjaan dengan dua cara, yaitu di tunjuk secara langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan atau melalui lelang yang sudah di selenggarakan oleh pemilik proyek.

Banyak orang yang menyebut kontraktor sebagai pemborong, padahal berbeda antara kontraktor dan pemborong. Sistem kerja kontraktor berdasarkan kontrak yang tertulis, tetapi pemborong bekerja berdasarkan suatu perjanjian lisan . Selain itu, kontraktor selalu berbadan hukum, sedangkan pemborong kebalikan dari kontraktor.

Baca Juga : Desain Dapur Minimalis Sederhana Namun Terlihat Mewah

Cakupan Jasa Kontraktor

Menurut Griya Bangun Indonesia , Anda perlu memilih calon kontraktor secara matang sebelum memutuskan siapa yang akan di pekerjakan. Periksa juga reputasi kontraktor dan kenali lebih dalam layanan yang dapat di kerjakan oleh kontraktor tersebut. Berikut ini beberapa layanan yang di tawarkan oleh kontraktor secara umum menurut kita.

jasa kontraktor

Jasa desain

Setelah melakukan berdiskusi dengan pemilik proyek dan sudah melakukan survei lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan di buat sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan  pemilik proyek.

Baca Juga :10 Merk Kasur Springbed Terbaik Tahun 2022

Bangunan dan material

Pada tahap kali ini, kontraktor harus bertanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Jika di perlukan, kontraktor akan menggunakan berbagai alat berat untuk kelancaran pembangunan proyek.

Renovasi atau remodeling

Pada tahap yang ini, kontraktor akan melakukan renovasi seperti pembongkaran dan perbaikan proyek. Tetapi kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas rumah atau gedung.

Jenis-jenis Kontraktor

  • Kontraktor bidang arsitektural

Bidang arsitektural adalah bidang jenis yang paling sering digunakan di Indonesia.

Pekerjaan bidang arsitektural mencakup bangunan dengan teknologi yangsederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih.

  • Kontraktor bidang pekerjaan sipil

Bidang pekerjaan sipil di bidang ini biasanya mengerjakan pembuatan jembatan, jalan, jalur kereta api, landasan pesawat, jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, saluran drainase, dan jalur pengairan.

  • Kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan

Sesuai dengan nama bidang yang satu ini mengurus hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan.

Bidang ini mencakup seperti penataan kota, analisis dampak properti pada lingkungan, teknik lingkungan, pengolahan air bersih,limbah dan juga perawatannya.

  • Kontraktor bidang elektrikal

Jasa yang satu ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan, mulai dari instalasi pembangkit listrik, instalasi listrik, jaringan transmisi, distribusi,sinyal dan juga telekomunikasi.

  • Kontraktor bidang mekanikal

Bidang yang terakhir ini bertanggung jawab dalam membuat instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, pembuatan lift dan eskalator, pipa air, dan perawatannya.

Baca Juga : 5 Keuntungan Menggunakan Pintu Sliding

 

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini