Mengetahui Pentingnya Denah Untuk Bangun Rumah

Mengetahui pentingnya denah untuk bangun rumah merupakan hal wajib yang harus diketahui bagi pemilik rumah.

mengetahui pentingnya denah untuk bangun rumah assakuri residence

 

Memiliki rumah yang bagus adalah impian semua orang. Tidak hanya bagus nampak luar saja, di dalam rumah pun tak kalah bagus. Seperti pemilihan warna cat, ukuran ruangan kamar mandi, ukuran ruangan kamar tidur, runang tamu dan dapur. Semuanya sudah diatur sedemikian rupa agar pemilik rumah lebih nyaman di dalam rumah.

Oleh karena itu, dalam membangun rumah diperlukan sebuah denah rumah. Bagi anda yang belum mengerti, denah rumah adalah gambar 2D yang berisi informasi tentang susunan ruang pada rumah dan mengetahui isi ruangan serta dimensi ruangan rumah. Sebab itu, sebelum membangun rumah anda harus membuat denah rumah terlebih dahulu. Supaya kontraktor dapat mudah memahami tata letak ruangan yang anda inginkan.

Jika anda tidak menggambar denah rumah, kami sarankan agar anda menyewa jasa desain 2D/3D atau gambar kerja yang biasanya disediakan oleh jasa kontraktor. Namun jika anda bisa melakukannya sendiri, kami sarankan agar anda melampirkan hal-hal berikut pada gambar denah rumah anda :

  1. Judul denah.
  2. Skala denah.
  3. Tanda atau simbol penunjuk arah.
  4. Tahun dan sumber pembuatan.

Denah rumah yang baik harus berisi empat hal diatas. Kemudian, pentingnya denah rumah yang perlu diketahui adalah sebagai berikut :

  1. Mengetahui susunan ruang. Telah di ulas pada awal artikel bahwa salah satu pentingnya denah rumah adalah mengetahui susunan ruang. Maksutnya, dengan melihat denah rumah anda sudah dapat mengerti letak posisi kamar tidur ada disebelah mana, kamar mandi ada dimana, dapur dll.
  2. Mengetahui Dimensi ruangan. Setelah anda mengerti susunan ruangan yang ada pada denah serta tata letaknya, denah yang baik adalah denah yang memiliki ukuran/dimensi yang jelas. Biasanya setiap ruangan pada denah rumah, diberi ukuran yang jelas sehingga mempermudah pembaca untuk mengetahui dimesi atau luas ruangan. Tentunya anda dapat mengubah dimensinya sesuai keinginan.
  3. Mengetahui letak pintu pada rumah. Terdapat berbagai macam pintu yang ada di rumah, seperti pintu depan rumah, pintu kamar tidur, pintu kamar mandi, pintu dapur dll. Dengan membaca denah rumah, anda akan mengerti lokasi peletakkan pintu. Dan jika anda tidak suka, anda bisa merubahnya sebelum dilakukan proses pengerjaan rumah dilakukan.

Tiga hal diatas di atas merupakan pentingnya denah rumah yang harus anda ketahui agar membangun rumah sesuai keinginan. Kami menyarankan sebelum anda membangun rumah untuk konsultasi terlebih dahulu dengan penyedia jasa kontraktor. Seperti pembuatan desain 2D/3D, Rencana Anggaran Biaya, Spesifikasi Teknis dll. Dengan begitu, proses pengerjaan rumah  akan lebih mudah dan effisien.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini