Mengenal Pondasi Bore Pile

Mengenal pondasi bore pile lebih dekat untuk kontruksi rumah. Pondasi adalah salah satu elemen terpenting dalam konstruksi pembangunan karena pondasi berfungsi untuk menahan beban pada seluruh bagian bangunan. Dengan begitu, pemilihan jenis pondasi dan pembuatannya tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena bisa mempengaruhi kualitas dari hasil pembangunan.

Pada dasarnya, pondasi mempunyai dua kelompok, yaitu pondasi dalam dan dangkal yang dapat disesuaikan berdasarkan secara jenis bangunan ataupun lingkungannya. Namun, dikelompok pondasi dalam, ada salah satu jenis yang kerap digunakan adalah pondasi bore pile jenis ini sangatlah cocok untuk konstruksi di kawasan sempit dan dibangun di antara bangunan yang sudah berdiri kokoh.

Griya Bangun Indonesia akan membagikan artikel yang mengenai tentang pondasi bore pile untuk Anda agar proses pembangunan konstruksi yang akan dilakukan dapat berjalan lebih baik. langsung saja kita simak ulasan mengenai pondasi bore pile di bawah ini!

Mengenal Pondasi Bore Pile

Apa Si Pondasi Bore Pile?

Pondasi bore pile dilalui dengan proses pengeboran pada lapisan tanah hingga mencapai tingkat kedalaman tertentu untuk kemudian dimasukkan tulang baja yang telah dirakit ke dalam lubang bor dan diisi dengan agregat material beton. Jika digunakan pada lokasi tanah yang stabil, daya dukung dari pondasi bore pile bisa mencapai hingga 15 meter, di mana hal ini didapat dari tekanan di bagian ujung tiang serta daya dukung geser yang berasal dari daya adhesi diantara pondasi bore pile dengan tanah di sekitarnya.

Kelebihan Pondasi Bore Pile

Di dalam bidang konstruksi, pondasi bore pile ini memiliki banyak berbagai kelebihan. kelebihan yang pertama, pondasi bore pile bisa dimanfaatkan sebagai pembuatan pile cap atau tiang kelompok yang lazim dan bisa digunakan untuk konstruksi di area sempit serta dapat dibuat pada tingkat kedalaman yang beragam.

Selain itu ada juga kelebihan lainnya yang terdapat dari pondasi, pada saat penggunaan pondasi bore pile juga tidak berpengaruh oleh kondisi tanah lempung dan tidak akan bergerak ke samping walaupun kondisi tanahnya yang bergelombang. Bahkan, pondasi bore pile dapat meminimalisir getaran tanah serta tidak akan mengeluarkan bising pada saat proses pemancangan.

Kekurangan Pondasi Bore Pile

Walaupun pondasi bore pile memiliki berbagai kelebihan, tetapi pondasi ini juga memiliki kekurangan yang wajib Anda ketahui. Kekurangan ini terletak pada saat proses pengeboran ataupun pembetonan yang cenderung lebih sulit jika kondisi cuaca yang kurang mendukung. Selain itu, kondisi tanah yang padat pada saat pengeboran akan mengalami penurunan. Dengan demikian, jika lokasi pengeboran terletak di area tanah yang berpasir, maka prosesnya juga harus memanfaatkan bentonite untuk menahan longsor.

Pada proses pengecoran saat membuat pondasi bore pile juga sangat sulit dilakukan jika terdapat pengaruh air tanah dikarenakan beton menjadi tidak dapat terkontrol. Bahkan, kemungkinan terjadi pada tanah runtuh sehingga pemasangannya memerlukan casing.

Jenis Pondasi Bore Pile

Pondasi bore pile juga mempunyai berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan berdasarkan kondisi tanah di area pembangunan. Pertama adalah jenis pondasi bore pile yang berbentuk lurus untuk diaplikasikan pada kondisi tanah keras. Selain itu, ada juga pondasi bore pilen yang ujungnya membesar menyerupai bel, pondasi bore pile dengan ujung yang membesar menyerupai trapesium, serta pondasi bore pile yang berbentuk lurus untuk konstruksi di lokasi tanah bebatuan.

Dengan artikel diatas Griya Bangun Indonesia berharap Anda tak salah lagi memilih jenis pondasi untuk membangun rumah impian, ya! Selain artikel mengenai pondasi bore pile, temukan juga berbagai inspirasi dan informasi menarik lainnya di Griya Bangun Indonesia. Beberapa di antaranya, ada artikel mengenai 5 Inspirasi Rumah Kaca Minimalis, Rak Piring Estetik Untuk Dapur , dan Tips Wujudkan Rumah Yang Adem Tanpa AC.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini