Mempelajari Kekurangan dan Kelebihan Plafon PVC

Mempelajari kekurangan dan kelebihan plafon PVC merupakan sesuatu yang baik. Selain menambah wawasan juga sebagai pertimbangan untuk membangun pengerjaan rumah. Karena pemilihan material yang baik juga akan membuat proses pengerjaan juga baik. Yang penting daripada itu adalah membuat penghuni rumah merasa aman dan nyaman. Telah banyak jenis plafon yang dijual di pasar/toko bangunan. Namun, akhir-akhir ini plafon PVC paling banyak di cari dan digunakan pada berbagai proyek pengerjaan rumah. Hal ini karena plafon PVC memiliki keunggulan yang tidak dimiliki jenis plafon lain. Apa saja keunggulannya? Yuk baca artikelny sampai habis!

mempelajari kekurangan dan kelebihan plafon PVC griya bangun indonesia

Memiliki rumah dengan desain dan struktur bangunan yang baik adalah impian semua orang. Mulai dari desain bentuk bangunan, warna yang digunakan, material yang digunakan yang baik dan sesuai keinginan adalah impian semua orang. Struktur bangunan menjadi salah satu komponen yang penting dalam membangun rumah. Semakin baik bahan material yang dipilih, semakin baik pula struktur bangunan yang dihasilkan. Mulai dari pondasi, dinding dan penutup atap, materialnya harus dipikirkan baik-baik.

BACA JUGA : Keuntungan membangun rumah sendiri dari pada beli rumah bekas 

Salah satu bahan material yang perlu dipertimbangkan adalah plafon rumah. Plafon rumah memiliki fungsi yang penting, selain mencegah air yang bocor tidak masuk ke dalam rumah. Plafon juga berfungsi agar rumah atap rumah terlihat lebih menarik.

Telah disebutkan di atas, bahwa sekarang sudah banyak dijumpai jenis-jenis plafon di pasar/toko bangunan. Namun yang paling banyak diminati adalah plafon PVC. Plafon PVC  terbuat dari Polivynil Chloride, bahan tersebut lebih dikenal sebagai pembuat pipa. Meskipun bahan yang digunakan sama dengan untuk membuat pipa, tetapi proses dan pembuatannya tidaklah sama. Bahan PVC ada dua jenis yaitu bahan pvc yang keras dan fleksibel. Dalam pembuatan plafon PVC, yang digunakan adalah PVC fleskibel.

Berikut adalah keunggulan Plafon PVC :
  1. Anti Rayap. Kelebihan pertama plafon PVC adalah anti rayap. Sehingga membuat umurnya tahan lama karena tidak mudah keropos.
  2. Kuat dan tidak mudah pecah. 
  3. Memiliki bobot yang ringan. 
  4. Tahan air. Kekuatan ini didapatkan karena bahan yang digunakan terbuat dari bahan yang sama untuk pembuatan pipa. Jadi, semakin awet tahan lama.
  5. Memiliki desain yang menarik. 

5 keunggulan tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang memilih plafon PVC. Ketahanan terhadap air biasanya menjadi alasan utama, karena kekuatan ini tidak dimiliki oleh plafon gypsum maupun triplek. Bahkan plafon gypsum dan triplek biasanya akan rusak karena termakan usia dan terkena terpaan air yang terus menerus.

Dibalik keunggulan plafon pvc, tentunya ada juga kekurangan yang dimiliki.

Kekurangan plafon PVC adalah sebagai berikut :
  1. Hasil pemasangan list biasanya kurang rapat.
  2. Bobot yang ringan dan rangka yang renggang akan berpotensi roboh jika terbebani sesuatu yang berat.
  3. Tidak ramah lingkungan.

Itulah keuntungan dan kekurangan plafon pvc yang perlu anda ketahui. Untuk memasang plafon PVC tidak boleh dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakan jasa renovasi atau jasa kontraktor yang terbaik. Supaya pemasangan dilakukan dengan baik dan benar.

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini