Keunggulan Batako Untuk Bangun Rumah

Keunggulan batako untuk bangun rumah yang perlu anda ketahui di bandingkan batu bata.

keunggulan batako untuk bangun rumah griya bangun indonesia

Pada artikel sebelumnya telah kita bahas mengenai cara memilih batako yang baik untuk bangun rumah. Ciri-cirinya antara lain : bentuknya harus presisi, strukturnya padat dan suaranya dalam.

Kini, sebelum anda benar-benar melakukan pembelian batako untuk membangun rumah anda. Perlu anda ketahui, keunggulan atau manfaat apa yang akan anda dapatkan jikam membangun menggunakan batako. Atau juga bisa membandingkan keunggulan membangun rumah menggunakan batu bata yang cenderung mampu mengatur suhu ruangan.

Berikut adalah keunggulan batako untuk bangun rumah yang perlu anda ketahui :

  1. Ukurannya Besar. Secara fisik, batako memang lebih besar daripada batu bata. Oleh karena itu, pembuatan dinding menggunakan batako biasanya lebih cepat dibandingkan batu bata. Dengan begitu, proses pengerjaan rumah juga lebih cepat.
  2. Bobotnya Ringan. Tidak seperti batu bata yang memiliki lebih berat, meskipun batako memiliki ukuran yang lebih besar dibanding batu bata. Namun batako memiliki bobot yang lebih ringan dibanding batu bata. Oleh karena itu, mempermudah tukang dalam membuat dinding lebih cepat.
  3. Kedap Air. Anda tidak perlu lagi merasakan dinding bocor saat musim hujan. Atau membeli cat anti bocor, karena batako sudah memiliki sifat kedap air yang akan membuat tembok tidak akan bocor.
  4. Harga lebih murah. Batako memiliki harga yang lebih murah, kisaran Rp 1.000 – 4.000 per biji. Membuatnya banyak diburu banyak orang karena lebih murah dibanding batu bata dan proses pengerjaannya lebih cepat.

keempat hal diatas merupakan keunggulan yang dimiliki batako. Dibalik keunggulannya, tentu terdapat kelemahannya. Karena tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Lalu apa saja kelemahan batako untuk bangun rumah?

  1. Membuat dinding mudah retak. Hal ini dikarenakan bobotnya yang ringan dan struktur/material yang digunakan berupa semen dan pasir. Membuatnya rapuh, dan jika terjadi gempa biasnya dinding akan mudah retak.
  2. Menyerap Panas. Kelemahan yang paling dikeluhkan bagi pemilik rumah yang membangun rumah menggunakan bahan material batako adalah suhu panas yang dihasilkan. Tidak seperti batu bata yang mampu meredam panas dengan baik. Batako cenderung menyalurkan panas ke dalam ruangan.

Dua hal diatas merupakan kelemahan pembangunan rumah menggunakan batako. Tentunya masih terdapat beberapa kelemahan batako, namun tidak bisa disebutkan satu per satu. Begitu juga keunggulannya, tidak bisa disebutkan satu per satu.

Untuk anda yang ingin melakukan pembangunan rumah maupun renovas. Kami sarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan penyedia jasa kontraktor maupun jasa renovasi. Agar diberikan pengetahuan dan konsultasi yang baik terkait bahan material maupun rencana anggaran biaya.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini