Kelebihan Lampu LED (Light Emitting Diode)

Kelebihan lampu LED (Light Emitting Diode) yang perlu anda ketahui. Penggunaan lampu LED di dalam rumah memiliki beberapa kelebihan, salah satunya dalah menghemat biaya tagihan listrik. Dengan menggunakan lampu LED, penggunaan listrik jadi lebih hemat 90%. Yuk baca artikel ini sampai habis bia makin paham!

kelebihan lampu led griya bangun indonesia

Didalam spesifikasi rumah, penerangan merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan. Penerangan mampu membuat penglihatan terlihat lebih jelas saat malam hari tiba. Sehingga membuat penghuni rumah merasa aman dan nyaman saat malam hari.

Pada zaman dahulu, untuk membuat penerangan di malam hari. Masyarakat menggunakan damar (mirip seperti lilin, namun terdapat bahan bakar berupa gas). Menghasilkan cahaya kuning, efek dari bagian atas kain yang dibakar pada damar. Seiring perkembangan zaman, masyarakat mulai beralih menggunakan lampu untuk meghasilkan penerangan. Lampu dipilih karena mudah di temukan  dan harga yang ekonomis.

Terdapat berbagai macam pilihan lampu yang bisa digunakan. Masing-masing lampu membutuhkan daya listrik yang berbeda-beda. Serta menghasilkan tingkat cahaya penerangan yang berbeda pula.

Jenis-jenis lampu yang umum dijumpai adalah sebagai berikut :
  1. Lampu Pijar. Jenis lampu ini menghasilkan cahaya berwarna kuning. Lazim kita temukan di era tahun 90-an. Lampu jenis ini menghasilkan cahaya dari energi listrik melalui flamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Flamen tersebut ditutupi oleh kaca yang bentuknya mirip balon udara, sehingga flamen tidak mudah rusak akibat teroksidasi.
  2. Lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp). Sebutan umum untuk lampu ini adalah Lampu Hemat Energi (LHE). Oleh karena itu, pemerintah sempat merencanakan program penggantian lampu pijar ke lampu CFL secara gratis. Namun ternyata terdapat lampu yang lebih hemat energi yang dikenal dengan lampu LED. Bentuk lampu CFL bermacam-macam. Ada yang panjang miri seperti pedang yang digunakan Star Wars. Ada yang berbentuk mirip huruf U, ada yang melingkar dll. Cahaya yang dihasilkan berwarna putih, lazim kita temukan sekarang.
  3. Lampu LED (Light Emitting Diode). Merupakan generasi lampu paling terbaru yang menjadi pilihan utama karena mampu menghemat biaya listrik. Serta memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya.

Dari ketiga lampu diatas, lampu LED menjadi pilihan utama pada saat ini. Telah disebutkan di awal artikel ini bahwa penggunaan lampu LED dapat menghemat biaya listrik hingga 90%. Tidak hanya itu saja, lampu LED memiliki beberapa keunggulan lain.

Keunggulan lampu LED :
  • Harga lebih murah. Meskipun lampu LED hemat energi, namun ia memiliki harga yang lebih murah.
  • Tidak membuat panas ruangan. Meskipun nyala yang dihasilkan sangat terang, namun tidak membuat ruangan terasa panas.
  • Menghemat biaya tagihan listrik. Seperti yang telah di sebutkan di atas, Lampu LED dapat menghemat hingga 90%. Lampu LED 3 watt nyalanya hampir sama dengan lampu pijar 25 watt. lampu LED 13 watt nyalanya hampir sama dengan lampu pijar 60 watt.
  • Umur yang lebih lama. Lampu LED memiliki umur yang lebih lama yang dapat digunakan hingga 50.000 jam atau 15 tahun.

Dibalik semua keunggulan lampu LED, terdapat beberapa kelemahan. Salah satunya adalah fokus sinar cahayanya yang hanya kebawah. Sehingga jika dipasang pada ruangan yang cukup luas, satu lampu LED saja rasanya kurang cukup. Sebagai solusi, harus dipasang beberapa lampu LED diberbagai titik. Jadi, anda harus merencanakan titik lampu.

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini