portofolio griya bangun indonesia

Perencanaan Jalan

Untuk mempermudah pengukuran jalan secara cepat dan efisien, diperlukan beberapa alat ukur. Terdapat berbagai macam alat ukur yang bisa digunakan tergantung dari seberapa panjang juga jalan yang akan diukur. Berikut adalah jenis-jenis alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur jalan.

1. Meteran

Fungsi dari meteran yaitu untuk mengukur panjang dan jarak. Biasanya satuan yang digunakan terdapat 2 ukuran yaitu ukuran satuan metrik (mm, cm, m) dan satuan inggris (inch, feet, yard). Pembacaan angka 0 ada yang dibaca tepat diujung meteran adapula yang dinyatakan pada jarak tertentu di ujung meteran.

2. Kompas

  • Fungsi dari kompas yaitu menentukan arah dari mata angin dan penunjuk arah terutama utara dan selatan. Selain itu, kompas bisa juga sebagai penentu arah dari suatu titik ke titik lain yang ditunjukan pada besaran azimut (besarnya sudut yang dimulai dari arah utara ke selatan), membuat siku – siku dan mengukur sudut horisontal.

3. Klinometer

Salah satu alat ukur sederhana ini digunakan untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan sebuah titik yang terdapat di garis datar dengan titik puncak sebuah objek. Secara keseluruhan klinometer untuk mengukur ketinggian atau panjang sebuah objek dengan cara memanfaatkan sudut elevasi.

Fungsi klinometer adalah untuk menentukan besaran sudut elevasi saat mengukur tinggi objek secara tidak langsung.

Alat Ukur Optik

Alat ini dilengkapi dengan perlengkapan optik sehingga mendapatkan hasil perhitungan yang tepat dan lebih detail jika dibandingkan dengan alat ukur sederhana. Alat ukur optik ini biasanya terdiri dari beberapa alat yang dirangkai dalam satu buah alat, sehingga dapat mengukur lebih dari satu pengukuran.

  1. Theodolit

Fungsi dari theodolit yaitu untuk pengukuran polygon, pemetaan situasi dan juga pengamatan matahari. Tidak hanya itu, theodolit juga bisa berfungsi seperti PPD jika sudut vertikalnya diubah menjadi 90o.

Teropong yang ada di theodolit, membuatnya dapat membidik ke segala arah. Pada konstruksi bangunan, theodolit dapat berfungsi untuk menentukan sudut siku –siku pada pondasi dan juga mengukur ketinggian bangunan bertingkat.

  1. Waterpass

Termasuk ke dalam alat ukur optik yang berfungsi untuk mengukur beda tinggi dari satu titik atau lebih, penggunaan waterpas saat ini sangat luas. Terdapat beberapa syarat dalam menggunakan waterpas, yaitu syarat dinamis (sumbu 1 vertikal) dan syarat statis (garis yang mendatar pada bagian diafragma sejajar sumbu 1, garis nivo tegak lurus sumbu 1, garis bidik pada teropong sejajar dengan garis arah nivo).

Alat Ukur Elektronik

Sesuai namanya, alat ini menggunakan sistem elektronik berupa gelombang infra merah. Sehingga pengukuran dengan menggunakan alat ini mendapatkan hasil perhitungan yang tepat, akurat dan prestisi.

  1. Global Positioning System (GPS)

GPS merupakan suatu sistem yang terdiri atas konstelasi satelit radio navigasi dan juga segmen kontrol tanah yang berfungsi mengelola operasi satelit dan pengguna dengan penerima khusus, menggunakan data satelit untuk memenuhi persyaratan dari posisi. Hasil yang diberikan gambar permukaan bumi dalam bentuk 3 dimensi (3D) .

  1. Total Station

Merupakan alat ukur elektronik yang berasal dari pengembangan theodolit. Namun alat ini dilengkapi oleh pengukuran jarak dan sudut secara elektronik dengan bantuan dari reflektor sebagai target dan pengganti rambu ukur. Untuk mempermudah penggunaan, total station perlu dihubungankan dengan komputer. Fungsi total station yaitu dapat digunakan untuk menghitung jarak, arah, titik koordinat dan juga beda tinggi secara elektronis.

Proses Mengukur Jalan akan lebih mudah dengan GRIYA BANGUN INDONESIA. Yuk, Konsultasi GRATIS!

Siap Wujudkan Rumah Impian Anda

Ingat Bangun, Ingat Griya Bangun

BLOG

7 Warna Keramik Lantai Yang Bagus Untuk Sambut Hari Raya 2023

7 warna keramik lantai yang bagus untuk sambut Hari Raya tahun 2023. Tak lama lagi, tepatnya pada bulan Maret 2023 ...
Read More

5 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Tipe 36

5 inspirasi desain rumah 2 lantai tipe 36 cocok untuk rumah minimalis yang dirancang dan dibuat oleh arsitek profesional. Memiliki ...
Read More

5 Variasi Batu Alam Dinding Kece Siap Sambut Hari Raya 2023

5 variasi batu alam dinding yang kece siap untuk sambut hari raya tahun 2023. Pada artikel kali ini, Griya Bangun ...
Read More

Inspirasi Desain Kamar Tidur Ukuran 2 x 3 Boleh Ditiru

Inspirasi desain kamar tidur ukuran 2 x 3 boleh ditiru untuk desain rumah minimalis modern. Kamar tidur merupakan salah satu ...
Read More

Contoh Model Rumah Biaya 10 Juta

Contoh model rumah biaya 10 juta yang aman dan nyaman untuk keluarga kecil dilengkapi cara membuatnya. Apakah Anda percaya bahwa ...
Read More

6 Warna Cat Eksterior Mewah dan Elegan Sambut Hari Raya

6 warna cat eksterior mewah dan elegan sebagai persiapan menyambut hari raya tahun 2023. Ya, perayaan hari raya untuk umat ...
Read More