portofolio griya bangun indonesia

Konstruksi Bangunan

Untuk membangun rumah yang kuat diperlukan konstruksi bangunan yang kuat pula. Oleh karena itu, perlu di cermati bahan-bahan material yang dipilih agar rumah menjadi kokoh dan anti gempa. Maka, mengetahui bahan material menjadi sebuah kewajiban bagi pemilik rumah. 

Dengan mengetahui bahan material yang dibuat serta alasan mengapa bahan material tersebut, anda dapat menghindari kejahatan seperti penipuan ataupun manipulasi rencana anggaran biaya yang dilakukan oleh jasa kontraktor. Dengan layanan kami, kami akan mengukur sedetail mungkin konstruksi bangunan anda. 

Bagi pemilik rumah, berikut adalah material konstruksi bagunan yang perlu anda ketahui : 

Pondasi

Terdapat berbagai macam jenis pondasi yang dapat ditemukan, namun yang paling sering ditemukan adalah pondasi beton. Pondasi beton memiliki ketahanan yang tinggi dan membuat perlindungan yang sangat baik bagi bangunan dan mencegahnya untuk bergeser dari permukaan tanah. Oleh karena itu, untuk membuat pondasi beton yang kuat harus di bangun di atas tanah yang kuat pula. 

Balok Beton

Bagian balok memiliki tugas yang tidak kalah penting dengan sebuah pondasi karena mampu untuk membagi beban bangunan secara merata dan menyebarkan beban tersebut ke dalam permukaan tanah. Semakin besar ukuran dari suatu balok beton maka otomatis kemampuan bangunan untuk menopang beban akan jauh lebih baik lagi.

Dinding

Dalam konstruksi bangunan, dinding memiliki sebuah fungsi yang sangat penting dan tidak bisa digantikan oleh bagian lainnya, yakni untuk memberikan tumpuan tambahan pada bangunan dan mampu untuk menahan beban dari atap dan langit-langit lalu menyebarkannya ke dalam tanah secara merata.

Ada beberapa jenis dinding yang cukup populer dan umum digunakan. Dinding yang terbuat dari beton atau precast merupakan salah satu opsi yang paling populer karena memiliki ketahanan terbaik terhadap segala bentuk benturan dan mampu untuk menahan beban yang paling sempurna dari sebuah bangunan.

Lantai

Lantai memiliki peran yang sangat penting bagi setiap bangunan, terutama untuk membuat tampilan dari bangunan bisa terlihat menarik dan tidak membosankan. Ada banyak sekali jenis lantai yang berbeda dan setiap jenis tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Anda harus mengenali desain dari rumah seperti apa yang diinginkan lalu memilih lantai yang menyesuaikan dengan desain dari rumah yang dibangun untuk menciptakan sebuah keharmonisan yang menarik untuk dilihat.

Pintu dan Jendela

Jendela memiliki peran sebagai jalan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Sebuah rumah yang memiliki jendela dalam jumlah yang cukup tentu bisa membuat cahaya matahari menjadi lebih mudah masuk ke dalam dan mengurangi kebutuhan Anda untuk menyalakan listrik di siang hari.

Tangga

Tangga memiliki standar pembuatannya sendiri dan apabila pembuatannya dilakukan secara sembarangan maka tangga tersebut akan menjadi berbahaya untuk digunakan.

Sebuah tangga tidak boleh dibuat terlalu curam karena akan membuat siapa saja menjadi sulit untuk menggunakan tangga tersebut. Ukuran lebar dari anak tangga juga harus sesuai untuk mempermudah siapa saja dalam menginjak anak tangga tersebut.

Atap

Anda harus mengenali apa saja yang menjadi spesifikasi dari sebuah atap sebelum memutuskan untuk memasangnya pada rumah Anda. Apabila Anda tinggal pada daerah yang berangin maka usahakan untuk menggunakan atap dengan kemampuan yang baik untuk menahan angin dan membiarkan angin untuk bisa melalui rumah Anda dengan mudah.

Pagar

Pagar merupakan salah satu bagian dari sebuah bangunan, terutama rumah yang memiliki fungsi untuk membatasi bagian depan dari rumah dan sekaligus untuk mencegah orang asing yang tidak Anda kenali untuk masuk ke dalam rumah begitu saja.

Meskipun rumah-rumah modern yang ada saat ini sudah mulai jarang yang mengadopsi pagar, namun fungsi dari pagar tetap tidak bisa dilupakan. Selain itu juga, pagar bisa memberikan sebuah nilai estetika yang baik bagi rumah Anda.

Instalasi Listrik

Dalam pemasangan instalasi listrik harus dilakukan dengan baik dan benar untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari yang sangat berbahaya.  Anda juga harus menghitung besaran daya listrik yang dibutuhkan oleh sebuah bangunan.

Bingung cara ukurnya darimana dulu? Yuk, Konsultasi GRATIS dengan GRIYA BANGUN INDONESIA

Siap Wujudkan Rumah Impian Anda

Ingat Bangun, Ingat Griya Bangun

BLOG

7 Warna Keramik Lantai Yang Bagus Untuk Sambut Hari Raya 2023

7 warna keramik lantai yang bagus untuk sambut Hari Raya tahun 2023. Tak lama lagi, tepatnya pada bulan Maret 2023 ...
Read More

5 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Tipe 36

5 inspirasi desain rumah 2 lantai tipe 36 cocok untuk rumah minimalis yang dirancang dan dibuat oleh arsitek profesional. Memiliki ...
Read More

5 Variasi Batu Alam Dinding Kece Siap Sambut Hari Raya 2023

5 variasi batu alam dinding yang kece siap untuk sambut hari raya tahun 2023. Pada artikel kali ini, Griya Bangun ...
Read More

Inspirasi Desain Kamar Tidur Ukuran 2 x 3 Boleh Ditiru

Inspirasi desain kamar tidur ukuran 2 x 3 boleh ditiru untuk desain rumah minimalis modern. Kamar tidur merupakan salah satu ...
Read More

Contoh Model Rumah Biaya 10 Juta

Contoh model rumah biaya 10 juta yang aman dan nyaman untuk keluarga kecil dilengkapi cara membuatnya. Apakah Anda percaya bahwa ...
Read More

6 Warna Cat Eksterior Mewah dan Elegan Sambut Hari Raya

6 warna cat eksterior mewah dan elegan sebagai persiapan menyambut hari raya tahun 2023. Ya, perayaan hari raya untuk umat ...
Read More