Ciri-Ciri Dan Kelebihan Kayu Merbau

Ciri-ciri dan kelebihan kayu marbau sangatlah banyak. kayu marbau merupakan kayu yang memiliki kualitas yang sangat tinggi. Di maluku dan di papua barat, kayu ini di kenal dengan kayu besi. Di Indonesia sendiri kayu ini digunakan untuk bahan kontruksi berat, seperti untuk tiang, balok-balok, bantalan jembatan maupun rumah. Kayu ini memiliki karakteristik yang sangat keras.

Ciri-Ciri Dan Kelebihannya kayu Merbau

1.  Asal usul kayu merbau

Kayu Merbau sangatlah  mudah ditemukan di beberapa wilayah seperti Maluku, Papua Barat, Papua Nugini, Kalimantan dan juga Sulawesi. Kayu merbau ini masih banyak sehingga tidak terancam punah. Namun, jika dilakukan eksploitasi besar-besaran bisa saja kayu ini akan sulit ditemukan sehingga kayu dapat dijual dengan harga yang mahal.

BACA JUGA : Cara Yang Tepat Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner

Kayu ini memiliki karakteristik yang sangat keras, kayu merbau ini sampai mendapatkan julukan sebagai kayu besi. Kayu merbau ini biasanya tumbuh dengan ukuran sedang hingga besar mencapai 50 meter, panjang batangnya kurang lebih 20 meter dan gemang 160 cm hingga 250 cm.

2. Memiliki warna khas tersendiri

Jika dilihat dari warnanya , kayu yang satu ini memiliki warna yang cenderung sama dengan kayu jati. Tidak diragukan lagi jika kayu ini dijadikan pilihan untuk menggantikan kayu jati yang harganya sangat mahal. Adapun warna yang dimiliki kayu ini  adalah dominan warna kuning kecoklatan hingga coklat kemerahan.

3. Mempunyai serat yang melintang lurus

Kelebihan berikutnya yang dimiliki oleh kayu merbau adalah memiliki serat yang melintang lurus. Serat yang di milikinya oleh kayu ini menjadi ciri khas dari kayu merbau ini sehingga terlihat begitu unik.

Namun, Anda perlu tahu juga  jika jenis dan juga sifat kayu merbau ini sangat beragam. Hal seperti ini yang bisa  membuat beberapa kayu pohon merbau tidak memiliki serta melintang lurus melainkan seratnya tidak beraturan.

BACA JUGA :Yuk Kenali 5 Jenis Pintu Rumah Dan Beserta Fungsinya

4. memiliki karakter yang keras

Kayu merbau Ini termasuk salah satu jenis kayu yang keras. Kayu merbau termasuk awet dan tahan lama jika dimanfaatkan untuk bahan baku material bangunan juga. Inilah yang bisa mendorongnya kayu ini menjadi primadona untuk dijadikan bahan pembuatan berbagai macam furniture.

5. Tekstur kayu yang kasar

Kayu merbau juga memiliki tekstur yang kasar. Akan tetapi, saat diraba kayu terasa licin dan halus. Perpaduan tekstur yang kasar dan warnanya yang coklat kemerahan menjadikan kayu ini cocok dijadikan bahan furniture. Selain itu, kayu ini tahan dari serangan serangga, seperti jamur dan rayap

6. Tingkat penyusutannya yang rendah 

Sebelum di aplikasikan terlebih dahulu kayu merbau dijemur atau dikeringkan di bawah sinar matahari terlebih dalu. Hal ini mengakibatkan kerusakan yang di dapat oleh kayu merbau ini akan menjadi semakin kecil dan tingkat penyusutannya menjadi rendah.

7. Harga yang sangat terjangkau 

Kayu merbau juga memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan kayu jati. Oleh karena itu, kayu merbau bisa menjadi kayu pilihan saat harga kayu jati semakin mahal. Kayu merbau dijual dengan harga yang sangat terjangkau sehingga dijadikan bahan pembuatan furniture. Selain itu, ketersediaan kayu pohon merbau sangat melimpah sehingga bisa dengan mudah didapatkan.

Semoga info yang saya berikan bermanfaat untuk Anda. Sedikit info, jika Anda ingin mencari jasa bangun saya usulkan Anda untuk ke  Griya Bangun Indonesia.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini