Cara Yang Tepat Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner

Cara mencampur cat kayu dengan Thinner yang tepat dan benar dapat menghasilkan cat yang bagus. Cat yang terlalu kekentalan dapat menjadi sulit saat pengadukan,susah diaplikasikan dan lama pengeringannya. Bagi Anda yang belum pernah dan masih awal dengan pengecetan tidak usah bingung saat membuat racikan cat,sebenarnya tidak terlalu sulit jika tahu takarannya. Oleh karena itu, diperlukan cara ataupun peracikan  yang tepat.

Cara Yang Tepat Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner

Fungsi Thinner Sebagai Bahan pencampuran

Fungsi Thinner adalah sebagai zat cair yang berfungsi untuk mengencerkan cat solvent atau cat minyak. Tanpa adanya Thinner maka cat  tidak bisa diaplikasikan ke sebuah permukaan. Selain Thinner bisa juga digantikan oleh bensin atau solar. Namun hasilnya akan kurang maksimal dan bisa merusak cat.

BACA JUGA : Yuk Kenali 5 Jenis Pintu Rumah Dan Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Thinner

Ada banyak cairan yang dipakai untuk pengencer cat, mulai dari thinner, afduner, air (untuk cat tembok), atau dengan bensin pun bisa. Cairan yang cocok dan tepat untuk campurannya  cat kayu adalah Thinner.

Berikut adalah jenis-jenis Thinner yang umunya banyak dipakai untuk campuran cat.

  1. Thinner PU Poly Urethane
  2. Thinner ND
  3. Thinner HG
  4. Thinner Super
  5. Thinner A

Untuk mengencerkan cat kayu, jenis Thinner yang cocok adalah pakai tipe Thinner A,  jika Anda menginginkan kualitas yang lebih bagus bisa pakai tipe Thiner Super.

BACA JUGA : 5 KEUNGGULAN MENGGUNAKAN JASA ARSITEK RUMAH

Cara Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner

Supaya bisa mencampur cat kayu dengan Thinner,ikuti cara-cara yang dibawah ini;

  1. Pastikan Anda menggunakan cat solvet. Jangan sampai Anda menggunakan cat yang water based yang harus dicampur dengan air.
  2. Baca aturan yang ada pada kaleng cat, karena setiap merek memiliki perbedaan dalam perbandingan untuk pencampuran cat dan Thinner.
  3. Siapkan Thinner Anda
  4. Campur sedikit demi sedikit sesuaikan perbandingan seperti yang ada pada informasi cat yang Anda gunakan.
  5. Aduk hingga rata.
  6. Jika Anda merasa masih kental, tambahkan Thinner sedikit lagi.

 

Semoga apa yang kami sampaikan kepada Anda menjadi bermanfaat, Simak informasi menarik lainnya di Griya Bangun indonesia. Kunjungi juga Assakuri Residance Tulungagung dan Abris Group Malang untuk menemukan hunian impianmu dari sekarang.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini