Cara Memilih Semen Yang Baik Untuk Pembangunan Rumah

Cara memilih semen yang baik merupakan salah faktor penting untuk membangun rumah yang kuat dan kokoh serta tahan gempa.

cara memilih semen yang baik untuk bangun rumah

Untuk membangun rumah yang kuat dan kokoh serta tahan gempa diperlukan struktur rumah yang kuat. Untuk membangun struktur yang kuat diperlukan bahan material yang terbaik. Salah satunya adalah pemilihan semen yang akan menjadi bahan penting untuk membuat pondasi yang kuat.

 

Baca Juga : Ciri-ciri pondasi kuat untuk rumah tahan gempa

 

Dalam hal konstruksi, dapat dilihat dengan mudah nilai material yang memiliki harga paling mahal merupakan jenis yang terbaik di bidangnya. Oleh karena itu, penggunaan semen juga harus dalam rencana anggaran biaya. Maksdunya adalah kuantitas dan harga semen harus diperhitungkan dan direncakan dalam pembangunan agar pembangunan sesuai dengan rencana dan anggaran yang dimiliki.

 

Baca Juga : Cara membuat rencana anggaran biaya sederhana 

 

Meskipun telah disebutkan di atas bahwa nilai harga yang paling tinggi menentukan kualitas. Namun perlu anda ketahui faktor-faktor apa saja yang membuat harga itu mahal dan dikatakan memiliki kualitas terbaik. Padahal kita tahu, banyak merk semen yang beredar di pasaran yang menawarkan keunggulannya masing-masing.

Berikut adalah ciri-ciri semen yang memiliki kualitas terbaik :

  1. Berlogo SNI. Pastikan cover semen atau bungkus semen terdapat logo SNI. Secara sederhana, semen yang sudah memiliki logo SNI artinya sudah dianggap semen yang baik oleh pemerintah karena sudah memenuhi kriteria yang ditentukan. Ibarat produk makanan harus ada BPOM-nya untuk memastikan bahwa produk tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi. Begitu juga semen, harus ada logo SNI-nya supaya aman digunakan.
  2. Terutup rapat. Artinya bungkus atau cover semen tertutup sempurna hingga tekstur semen tidak keras. Jika tidak tertutup rapat, biasanya kondisi material semen sudah tidak bagus lagi. Karena cara menyimpan dan jenis bungkus yang digunakan tidak boleh asal-asalan.
  3. Warna. Untuk semen, warna yang bagus adalah berwarna abu-abu tua atau muda. Kenapa? karena jika warnanya terlalu hitam atau putih dapat diindikasikan memiliki kandungan aditif yang banyak. Akibatnya semen tidak terlalu kuat.

ketiga hal diatas harus anda perhatikan jika ingin membeli semen. Terdapat berbagai brand semen yang ada di pasar seperti semen gresik, semen tiga roda, semen merah putih dll. Anda dapat melakukan survey sendiri terkait harganya, tetapi jangan lupa pilih yang terbaik sesuai tiga hal diatas ya.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini