Cara Memilih Batako Yang Baik Untuk Bangun Rumah

Cara memilih batako yang baik untuk bangun rumah merupakan hal penting. Agar rumah dapat berdiri dengan kuat dan kokoh serta tahan terhadap bencana alam seperti gempa maupun banjir.

cara memilih batako yang baik

 

Sebenarnya, lebih baik membangun dinding rumah menggunakan batu bata atau batako? Tentunya masing-masing material memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Contoh, salah satu keunggulan membangun dinding rumah menggunakan batu bata adalah dapat menyerap dan menahan panas sinar matahari. Sehingga meskipun kondisi di luar cuacanya panas, namun di dalam rumah tetaplah dingin. Membangun rumah menggunakan batu bata merupakan pilihan yang cocok bagi anda yang menginginkan suasana sejuk di dalam rumah. Untuk itu anda harus mempelajari ciri-ciri batu bata yang baik untuk membangun rumah yang kuat dan kokoh.

Sementara itu, keunggulan menggunakan batako adalah prosesnya yang begitu cepat. Ya, sudah terlihat dengan jelas bahwa ukuran batako lebih besar daripada batu bata. Baik panjang maupun lebar. Dengan ukuran yang lebih besar, membuat proses pembangunan dinding dapat dilakukan dengan cepat, sehingga mempercepat penyelesaian rumah. Membangun rumah menggunakan batako menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang menginginkan agar pengerjaan dilakukan secara cepat.

Lalu bagaimana ciri-ciri batako yang baik untuk bangun rumah?

Telah banyak penjual batako yang ada di pasar dengan variasi harga yang ditawarkan. Namun, kami mencoba merangkum ciri-ciri batako yang baik sebagai referensi bagi anda bila ingin membeli batako. Ciri-ciri tersebut antara lain :

  1. Bentuknya presisi. Batako yang baik adalah batako yang memiliki presisi yang sama, artinya panjang dan lebarnya semua sama. Karena pada umumnya pada saat pembuatan batako, dibuat oleh cetakan sehingga menghasilkan ukuran yang sama. Namun, tak jarang kita menemukan terdapat ukuran batako yang berbeda dan tidak presisi. Hal ini akan mempersulit untuk membangun dinding.
  2. Strukturnya pada. Ciri-cirinya tidak adalah tidak ada keratakan pada batako, tidak ada gelembung udara, tidak ada kapur atau butiran kerikil yang mudah terlepas. Sudutnya tidak mudah hancur waktu di angkat dari satu tempat ke tempat lain.
  3. Suarnya dalam. Untuk mengetahui suaranya, anda harus membenturkan satu batako dengan batako lain. Kemudian dengar suara yang dihasilkan, jika semakin dalam maka semakin baik. Karena dalamnya suara batako dihasilkan oleh partikel pembentuk batako. Pastikan juga waktu membenturkan batako tidak pecah.

Ketiga hal di atas dapat anda jadikan sebagai referensi untuk membeli batako yang baik. Pemilihan membangun dinding rumah menggunakan batako atau batu bata merupakan salah satu syarat konstruksi bangunan agar kuat dan kokoh.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini