Cara membuat gambar kerja yang baik

Cara membuat gambar kerja

cara membuat gambar kerja yang baik

 

Sebelum anda mulai membuat gambar kerja, alangkah baiknya anda mengerti dahulu apa itu gambar kerja dan pentingnya bagi kontraktor. Gambar kerja adalah suatu acuan untuk mengerjakan suatu pekerjaan di lapangan dan bisa sebagai untuk acuan menghitung rencana anggaran biaya. Maksudnya acuan disini adalah sebagai kiblat dari proses pembangunan agar sesuai keinginan. Karena di dalam gambar kerja, terdapat detail dan struktur yang jelas untuk proses pembangunan. Lalu pentingnya gambar kerja adalah sebagai arahan dan gambaran yang jelas bagi kontraktor untuk membangun rumah atau bangunan sesuai keinginan pemilik

Apa saja hal-hal yang perlu disiapkan untuk membuat gambar kerja?
  1. Software AutoCAD, secara umum software ini digunakan untuk menggambar desain 2 dimensi dan 3 dimensi yang paling banyak digunakan oleh arsitek diseluruh dunia. Software ini nantinya yang akan anda gunakan untuk membuat gambar kerja.
  2. Denah. Dengan memiliki atau mengetahui denah rumah yang akan di bangun, arsitek dapat dengan mudah memilah dan memilih gambar kerja per ruangan. Untuk mendapatkan denah yang baik anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pemilik rumah atau pemilik bangunan.
  3. Gambar 3 Dimensi. Dengan memiliki atau mengetahui gambar 3 dimensi, proses pembuatan gambar kerja akan lebih mudah. Misal, pembuatan desain tampak depan, samping, belakang dan atas.
Bagian yang wajib dan harus ada dalam gambar kerja adalah sebagai berikut :
  1. Arsitektur. Maksud dari arsitektur dalam gambar kerja adalah adanya gambar denah yang jelas, mulai dari ukuran panjang, lebar dan tinggi suatu bangunan. Adanya fasad (gambar rumah tampak depan, samping, belakang, atas).
  2. Struktur. Yaitu cara adanya gambar pembuatan komponen rumah seperti jendela, kusen, pintu dll. Juga dijelaskan berapa tebalnya serta panjang, lebar dan tingginya.
  3. MEP (Mekanikal, Electrical, Lampu). Yaitu penjelasan terkait pemasangan kabel pada struktur rumah. Dan penempatan lampu pada bagian rumah agar tidak gelap.

Dalam pembuatan gambar kerja, pemilik tidak ikut campur. Karena yang mengerjakan adalah jasa kontraktor yang dipilih. Oleh jasa kontraktor akan di berikan kepada mandor atau petugas pelaksana agar dikerjakan sesuai gambar kerja yang telah di buat.

Bagi anda yang ingin membangun rumah atau gedung, namun masih bingung untuk mencari jasa kontraktor yang bisa membuat gambar kerja dengan baik. Kami sarankan untuk memilih Griya Bangun Indonesia. Selain berpengalaman dibidangnya, juga telah mengerjakan project di berbagai kota baik rumah, masjid maupun gedung. Jangan khawatir masalah harga, karena semakin tinggi harga semakin baik pula kualitas bangunan yang dirasakan.

Jadi tunggu apa lagi, yuk konsultasi gratis dengan Griya Bangun Indonesia!

 

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini