Cara Cek Kualitas Bangunan Rumah

Cara Cek Kualitas Bangunan Rumah

cara cek kualitas bangunan rumah versi griya bangun indonesa

Spesifikasi bangunan sangatlah penting karena rumah anda akan langsung ditempati dalam waktu lama dan seminimal mungkin tidak melakukan renovasi. Mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya untuk dijadikan sumber perbandingan dan menemukan hunian yang paling ideal.

Berikut beberapa cara untuk cek kualitas bangunan rumah yang bisa diterapkan saat anda membeli properti

  1. Survei lokasi dan melakukan pengecekan terhadap spesifikasi bangunan

Dengan melihat langsung, maka Anda bisa tahu semen merek apa yang dipakai, seperti apa bata yang dipasang, hingga merek cat yang akan dipakai. Mintalah izin pada pengembang untuk melihat langsung agar Anda dipandu dan perjalanan lebih aman.

  1. Cek Seluruh Sisi Bangunan

Mengetahui luas bangunan dan tanah jadi poin penting dalam membaca spesifikasi rumah. Dengan mengetahui tipe atau ukuran rumah, Anda bisa menghitung material dan struktur konstruksi yang dibuat.

 

BACA JUGA : Jenis-Jenis Saluran Irigasi

 

Lakukan pengecekan pada semua sisi bangunan, baik luar maupun dalam. Bersama rekan Anda yang tahu kualitas bangunan, periksa apakah ada kesalahan pemasangan ataupun pemlesteran yang kurang sempurna. Untuk bagian interior, Anda harus cek bagaimana ruang dapur dan kamar mandinya. Periksa apakah plafonnya benar-benar kuat. Juga bagian lantainya apakah pengerjaannya benar-benar berkualitas.

  1. Periksa fasilitas listrik dan sanitasi

Pastikan tidak ada instalasi listrik dan sanitasi yang terlalu parah rusaknya. Jangan sampai Anda harus mengeluarkan banyak biaya lagi untuk pembenahan instalasi listrik dan sanitasinya.  periksa betul apakah listrik dan sanitasinya sesuai dengan spesifikasi rumah anda

 

Jika sudah mengerti dan belum paham terkait pelaksanaan teknisnya, silahkan konsultasi GRATIS bersama Griya Bangun Indonesia.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini