Berbagai Cara Menghilangkan Cat Pada Keramik Lantai

Berbagai cara menghilangkan cat pada keramik lantai yang baik dan benar. Percikkan maupun tumpahan cat pada keramik lantai sering terjadi pada saat dilakukan renovasi pada dinding rumah. Terutama pada saat melakukan pengecatan pada dinding rumah. Baik percikan kecil maupun tumpahan besar yang ada pada keramik lantai harus dibersihkan dengan cara yang baik. Supaya tidak terjadi goresan yang parah pada keramik lantai, sehingga tidak mempengaruhi desain rumah.

berbagai cara menghilangkan cat pada keramik lantai griya bangun indonesia

Telah banyak desain rumah yang dapat kita jumpai pada saat ini. Mulai dari yang bergaya america, america latin, modern, minimalis, eropa hingga desain rumah yang sedang hangat dibicarakan akhir-akhir ini yaitu scandinavian. Semua desain rumah memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Setiap desain juga memiliki komposisi warna cat dan keramik yang berbeda-beda. Namun sudah memiliki aturan yang tetap. Misal, untuk membuat desain rumah bertema scandinavian haruslah di dominasi warna putih. Sehingga warna cat tembok juga harus putih, begitupula pemilihan keramik maupun granitnya juga harus putih.

Pada saat dilakukan pengecatan pada tembok, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keramik akan terkenca percikan cat. Hal ini terjadi karena teknik yang dilakukan pada saat melukan pengecatan kurang tepat. Jadi sebenarnya, diperlukan teknik-teknik khusus agar pengecetan dilakukan dengan baik dan benar. Namun, jika pengecatan dilakukan rapi, bersih, efektif dan efisien tidak salah juga untuk meminta tolong jasa renovasi.

Jika terjadi percikan maupun tumpahan cat pada keramiki lantai. Berikut adalah tips cara untuk menghilangkannya :
  1. Gosok menggunakan kain pel. Cara ini bisa dilakukan jika cat sudah dalam keadaan kering ataupun setengah kering. Cat yang menodai keramik lantai juga tidak terlalu banyak, dalam artian hanya percikan-percikan kecil. Sehingga akan mudah dan cepat hilang jika digosok menggunakan kain pel. Sangat tidak dianjurkan untuk menggosok dengan benda-benda keras karena keramik akan tergores.
  2. Menggunakan cuka putih. Cuka puka putih memang terkenal sebagai cairan pembersih yang baik dan tidak  merusak keramik. Cara penggunaanya adalah cukup tuangkan cuka pada kain pel atau lap. Lalu gosok pada keramik yang terkena percikan cat. Dengan menambahkan cuka putih, proses penggosokan dapat dilakukan dengan cepat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sikatlah keramik sebagai proses finishingnya.
  3. Menggunakan thinner. Dengan menggunakan thinner, dapat menghemat proses pembersihan lebih cepat. Karena thinner memang terkenal sebagai penghilang noda paling cepat. Cara penggunaannya mirip seperti cuka putih, tapi disarankan untuk menggunakan sarung tangan. Karena menghasilkan aroma yang cukup menyengat.
  4. Menggunakan amplas. Sudah dijelaskan di atas bahwa jangan menggunakan benda-benda keras untuk membersihkan percikan cat. Amplas memang bukan benda keras, tapi permukaanya yang kasar mengharuskan anda berhati-hati dalam melakukan penggosokannya. Jangan gosok terlalu keras. Dan, permukaan keramik yang ingin dibersihkan wajib di siram air terlebih dahulu.

Empat tips di atas dapat anda lakukan untuk menghilangkan percikan cat pada keramik lantai. Dari mulai yang mudah hingga yang paling cepat. Untuk mendapatkan hasil yang cepat, tentu harus ada anggaran ekstra seperti membeli cuka putih maupun tiner.

Jadi, sekarang jadi lebih mengerti bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan percikan cat pada keramik lantai.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini