Beberapa Cara Untuk Memperbaiki Tembok Yang Retak

Beberapa cara untuk memperbaiki tembok yang retak yang perlu anda ketahui. Tembok merupakan struktur bangunan yang krusial, karena menjadi penyangga beban atap dan sebagai pelindung dari sinar matahari dan angin malam. Jika terdapat keretakan pada tembok, haruslah segera diatasi. Jika tidak segera diatasi, akan berbahaya jika terjadi bencana alam seperti gempa. Mungkin rumah bisa roboh.

Agar tembok tidak mudah retak, harus memperhatikan bahan material yang digunakan waktu proses pembuatan tembok. Bisa menggunakan batu bata atau batako untuk material pembuatan tembok. Masing-masing bahan material tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Selain bahan material,  proses plesteran tembok juga harus dengan baik tidak boleh  asal-asalan. Oleh karena itu, jika masih kurang berpengalaman dalam melakukan plester pada tembok. Menggunakan jasa kontraktor ataupun jasa renovasi sangat dianjurkan agar plesteran dilakukan dengan baik dan benar.

BACA JUGA : Keunggulan Batako, Keunggulan Batu Bata

beberapa cara untuk memperbaiki tembok yang retak griya bangun indonesia

Penyebab retaknya tembok itu bermacam-macam. Misal, tembok retak karena gempa bumi, tembok retak karena proses plesteran yang kurang sempuran. Tiap-tiap penyebab retaknya tembok, proses perbaikannya juga berbeda-beda.

Inilah beberapa cara untuk memperbaiki tembok yang retak :
  1. Tembok yang retak karena tembus air. Air bisa masuk ke dalam rumah bisa melalui berbagai cara. Misal, terdapat kebocoran pada atap sehingga air masuk dari atas ke bawah. Selain itu air dapat masuk karean lapisan cat luar tembok tidak baik, sehingga saat hujan datang air dapat masuk melalui sela-sela plester. Ciri-ciri fisik secara sederhana yang dapat dilihat adalah tembok terasa lembap saat disentuh dan cat tembok mengelupas. Cara untuk memperbaiki retakan tembok seperti ini adalah lakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika penyebabnya adalah karena atap bocor, perbaikilah atap tersebut. Namun jika yang menjadi penyebab adalah saluran pipa di dalam tembok maka bongkarlah tembok tersebut. Temukan pipa yang bersamalah, ikat dengan kawat ayam, kemudian isi celah dengan adukan semen dan pasir hingga mengering.
  2. Tembok yang retak karena bencana alam. Contoh becana alam yang sering membuat tembok retak adalah gempa bumi. Baik retakan kecil maupun besar, jika tinggal dikawasan yang rawan gempa bumi maka harus segera diperbaiki. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan berakibat fatal pada penghuni rumah.Cara memperbaiki tembok yang retak karena bencana alam adalah buatlah lubang atau celah pada bagian atas dinding yang menggabungkan dinding dengan balok
    pada bagian atas dinding. Hal ini fungsinya untuk mengurangi tekanan pada dinding. Celah tersebut isilah dengan gypsum, styrifoam atau karet. Selanjutnya buka bagian yang retak dan isi dengan adukan semen dan pasir denganperbandingan 1:5.Bila sudah mengering lalu gunakan campuran adukan super sement dan lapisi dengan cat waterproof.
  3. Memperbaiki retakan tembok pada pintu atau jendela. Untuk keretakan seperti ini sebenarnya bila cukup dalam, caranya sama dengan memperbaiki tembok retak yang sudah banyak diulas sebelumnya.

Itulah penyebab keretakan pada tembok yang lazim di jumpai dan cara memperbaikinya. Jika anda masih ragu atau tidak berpengalaman dalam memperbaiki keretakan pada dinding. Kami sarankan untuk menggunakan jasa renovasi. Agar perbaikan dilakukan dengab baik dan benar. Sehingga menambah rasa aman penghuni rumah.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini