Bata Ekspos Dengan Jenis – Jenisnya Dan Keunggulannya

Bata Ekspos sekarang banyak orang yang minat dengan bata ekspos ini karena memiliki karakteristik yang dapat memberikan rumah Anda menjadi nuansa berbeda pada rumah.  Dengan menggunakan bata ekspos pada desain rumah Anda dapat menciptakan hunian yang bernuansa natural.

bata ekspos

Sebelum Anda mengaplikasikan bata ekspos di rumah Anda, Sebaiknya Anda perlu mengetahui lebih dulu beragam keunggulan maupun kekurangan bata ekspos. Selain itu, ada juga cara khusus untuk perawatan bata ekspos. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui bata ekspos lebih lanjut :

BACA JUGA : Cara Yang Tepat Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner

Apa Itu Bata Ekspos ?

Bata ekspos merupakan salah satu material bangunan batu bata yang sering di gunakan sebagai sekat dinding pada rumah. Bata ekspos terbuat dari 2 bahan yaitu umumnya terbuat dari tanah liat dan ada beberapa juga yang terbuat dari gipsum. Bata ekspos memiliki konsep yaitu menyusun batu bata secara rapi yang cocok untuk dinding polos atau plester. Biasanya bata ekspos ini di biarkan dengan warna asli atau bisa juga memberikan warna lain dengan mengecat dindingnya bata ekspos. Dengan begitu karakter, tekstur, warna, dan bentuk dari bata ekspos tersebut akan terlihat menonjol dalam ruangan. Penggunaan bata ekspos pada rumah sering digunakan untuk memberikan konsep rumah menjadi estetik.

 4 Jenis Bata Ekspos

Berikut ini yaitu jenis-jenis bata ekspos. Sebelum Anda membuat hunian atau desain interior dengan bata ekspos, Sebaiknya Anda mengenal lebih dulu sebelum salah pilih jenis-jenis bata ekspos yang sering biasa digunakan. Ada beberapa jenis Bata ekspos yang Anda harus tahu ketika ingin memilihnya.

Pada umumnya, bata ekspos termasuk batu bata yang digolongkan jenis bata hias. Bata hias dibuat dengan menggunakan mesin pres yang dapat menghasilkan ukuran yang sama pas serta lebih presisi. Dibandingkan dengan bata biasa, tekstur yang di miliki bata hias lebih halus dan jauh lebih padat dengan pori-pori relatif lebih kecil, juga lebih kuat.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Dan Kelebihan Kayu Merbau

Semakin baik kualitasnya, juga semakin tinggi harga bata eksposnya. Berikut beberapa jenis bata ekspos yang bisa menjadi pilihan untuk interior rumah Anda.
1. Bata Terakota
Pertama jenis bata ekspos terakota ini memiliki desain yang sangat klasik. Bata terakota memiliki tekstur yang paling halus dan bentuk batanya yang sangat presisi. Bata ekspos jenis terakota ini merupakan jenis bata ekspos yang paling mahal di antara jenis-jenis bata ekspos yang lain.
Tidak heran dengan  jenis bata ekspos terakota ini dapat di jual dengan harga lebih dari Rp 3.000 per bijinya. Bata ekspos terakota juga memiliki tingkat warna merah yang lebih terang sehingga dapat terlihat lebih elegan. Tetapi ada juga jenis bata ekspos terakota yang dibuat dengan warna natural. Banyak juga orang yang memilih bata ekspos jenis terakota ini karena mudah dalam finishing. Bata ekspos jenis terakota juga karakteristik lebih awet dan tahan lama. Banyak yang mengunakan sebagai  desain resto, cafe, atau hunian dengan yang unik maupun estetik.
2. Bata Tanah liat Belang
Berikut jenis bata ekspos yang ini merupakan bata hias yang cara pembuatannya menggunakan bahan tanah liat yang padat. Jenis bata ekspos ini memiliki tekstur yang halus. Tetapi uniknya jenis bata ini memiliki tingkat warna yang tidak seragam. Ciri-cirinya dengan jenis bata ekspos ini yaitu terdapat warna kehitaman hasil dari proses pembakaran sehingga saat disusun menampilkan kesan yang klasik dan lebih kental. Jika Anda ingin membuat desain yang klasik pada rumah Anda, jenis bata ekspos ini yang paling cocok digunakan. Bata tanah liat belang cocok digunakan untuk rumah maupun resto atau caffe.

3. Bata KWD

Kemudian adalah bata ekspos jenis KWD merupakan bata hias yang paling laris di antara jenis bata ekspos yang lain. Bata KWD yang terbuat dari bahan tanah liat semi padat, namun tetap memperlihatkan serat-serat dari bata itu sendiri sehingga bisa menonjolkan tekstur bata yang lebih jelas. Jika saat diperhatikan, pori-pori yang ada  pada bata KWD tidak sehalus dengan bata ekspos jenis terakota atau tanah liat belang.
Jenis bata ini relatif lebih murah dan ekonomisnya dari jenis bata ekspos yang lain. Tetapi tidak mengurangi kesan yang elegan dari bata tersebut. Tak heran dengan jenis bata ini banyak digunakan untuk caffe, resto, dan perkantoran. Untuk memberikan konsep nuansa yang berbeda, Anda dapat menggantinya dengan warna putih.

4. Bata Pasir Kapur

Ini jenis Bata ekspos yang terakhir yaitu bata pasir kapur merupakan bata yang terbuat dari bahan pasir dan campuran kapur. Jenis bata ekspos ini memiliki tekstur yang lebih halus dikarenakan memiliki kandungan kapur.
Selain itu jenis bata ekspos ini memiliki banyak ragam warna yang bisa di pilih sesuka Anda. Ada kelebihan yang lain dari bata ekspos ini adalah ketahanan air yang cukup baik dibandingkan dengan jenis bata ekspos yang lain. Jenis bata ekspos ini tidak menggunakan banyak mortal ataupun bahan perekat batu bata saat dalam proses pemasangannya.

Keunggulan Penggunaan Dari Bata Ekspos Di Rumah

Berikut adalah ada beberapa keunggulan penggunaan dari bata ekspos di rumah yang ada di bawah ini ;

1. Mengekspos batu bata pada sisi dinding dalam ruangan, akan bisa membuat penghuni rumah menjadi hemat dana pengeluaran saat merenovasi rumah.

2. Ongkos untuk acian, plester, dan cat untuk melapisi dinding bisa kita  prediksi , sehingga biaya renovasi atau membangun rumah bisa Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

3. Dapat menciptakan kesan rustic yang diperlukan pada interior  bergaya industrial.

4. Selain interior bergaya industrial, bata ekspos bisa kamu aplikasikan pada interior bernuansa klasik supaya terlihat lebih estetik.

5. Menciptakan suasana hangat dan natural pada ruangan rumah Anda.

6. Bata Ekspos dapat memberikan nuansa industrial yang moderen, sebagaimana tema ini yang sering ditemukan pada tempat nongkrong masa kini.

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini