Ayo Kita Cari Tau Apa Itu Kontruksi Bangunan?

Pernahkah anda melihat bangunan rumah yang bertingkat ataupun gedung yang bertingkat?Ada kontruksi bagus untuk bangunan 1 lantai ataupun bangunan pencakar langit.

Nah,ternyata dalam teknik masing-masing jenis dan desain bangunan yang memiliki berbeda-beda.Proses merancang dan membangunnya harus sesuai dengan sesuai dengan kontruksi dan memnuhi keselamatan bekerja yang ada.Kalau kontruksi yang salah bisa jadi bangunannya akan rusak atau ambruk.

Ayo Kita Cari Tau Apa Itu Kontruksi Bangunan?

 

Kontruksi Bangunan

Kontruksi bangunan adalah sebuah cara ataupun teknik untuk mendirikian bangunan supaya kokoh,awet,menarik,ekonomis dan fungsional.Kontruksi bisa juga diartikan sebagi membangun,sementara bangunan sesesuatu yang dibangun seperti rumah,villa,mall,hotel atapun apartemen.Kontruksi bangunan bisa kita simpulkan dengan sesuatu teknik atau cara untuk membangun sebuah bangunan.

Fungsi Kontruksi Bangunan

Dengan adanya kontruksi ini mempunyai fungsi yang bermanfaat bangunan.Kontruksi bangunan dengan perhitungan yang matang memiliki fungsi :

  1. Memperkokoh bangunan.
  2. membuat bangunan sangat indah atau menarik.
  3. Membuat bangunan tahan bencana yang akan datang.
  4. Menompang elemen-elemen yang lain.
  5. Menjadi struktur bangunan yang saling membentuk satu kesatuan.

Jenis-Jenis Kontruksi Bangunan

Konstruksi bangunan terbagi menjadi 2 jenis. Ada konstruksi bawah dan atas bangunan.Seperti berikut ini:

Kontruksi dibagian bawah

Ayo Kita Cari Tau Apa Itu Kontruksi Bangunan?

Kontruksi rumah dibagian bawah terdiri dari fondasi dan balok sloof.Hal ini tentunya tak boleh sampai terlupai dari perhatian karena akan bisa mengaruhi kualitas rumah secara keseluruhan.

Fondasi

Fondasi adalah bagian yang paling bawah dari semua struktur konstruksi bangunan,bagian bangunan yang langsung menancap pada tanah keras. Fondasi sangatlah berguna untuk menahan seluruh beban bangunan agar dapat berdiri kokoh dan memindahkan beban ke atas tanah yang keras.

Balok sloof

Jika kita melihat bagian bawah rumah, tepatnya di dekat fondasi, kita bisa melihat balok sloof yang berbentuk mendatar. Balok sloof ini terletak pada alas tiang atas. Fungsi balok sloof sama pentingnya dengan pondasi.

Untuk membantu pondasi bangunan, balok sloof ini akan menghubungkan setiap bagian bawah ke setiap kolom. Selain itu, balok tersebut juga menahan beban bangunan agar tetap rata dan dapat meminimalkan penurunan differential atau sering disebut dengan reduksi bangunan akibat variasi kemampuan tanah dalam menahan beban bangunan.

Kontruksi dibagian atas

Ayo Kita Cari Tau Apa Itu Kontruksi Bangunan?
BACA JUGA :Tips Wujudkan Rumah Yang Adem Tanpa AC

Kontruksi ini terlihat sangat jelas dari luar.Kontruksi di bangian sini harus kuat dan bahannya harus sesuai dengan spesifikasi.Materialnya pun juga berbeda untuk bangunan yang tinggi.

Dinding

Dinding berfungsi sebagai penutup interior rumah. Dinding juga berguna sebagai partisi ruang pada rumah, sekaligus untuk mengedepankan estetika bangunan. Jika kamu Pernah tau dinding yang terletak di tengah-tengah struktur, itu juga bisa dapat digunakan untuk menahan beban struktur atas.

Ring Balok

Ring balok ini berfungsi sebagai penopang konstruksi atap bangunan dan dapat menghubungkan pasangan dinding yang terpisah agar struktur tidak runtuh.

Bekisting beton, baja bertulang, dan balok ring adalah elemen dari balok ring (cetakan beton). Balok sloof berada tepat di atas ring balok atau kolom. Balok atau kolom selalu terdapat di setiap struktur.

Di mana ring balok utama berukuran 2020, dengan celah antara masing-masing ring balok 3,5 meter. Jika jarak antar balok ring kurang dari 3,5 meter maka dinamakan beam ring praktis yang hanya berukuran 1515.

Ventilasi

Ventilasi bisa kita artikan dengan lubang yang memungkinkan udara keluar masuk rumah dari luar. Pintu, jendela, atau ventilasi pada dinding bangunan itulah yang dimaksud dengan ventilasi.

Balok latei

Balok latei, juga dikenal sebagai balok ambang, berfungsi sebagai penahan beban atap bangunan dan mengurangi beban pada rangka.

Latei adalah rangka yang berdiri dengan kokoh dan tanpa risiko bengkok atau pecah. Tujuan balok latei ini adalah sebagai penahan rangka dalam keadaan tegak jika terjadi adanya gempa bumi.

Lantai

Lantai adalah aspek penting lain dari desain bangunan yang tidak boleh terabaikan.Lantai bangunan memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk memastikan bahwa tampilan strukturnya selalu menarik.

Setiap lantai mempunyai gaya lantai yang berbeda, masing-masing lantai memilik kelebihan dan kekurangannya sendiri.Anda harus terlebih dahulu menentukan desain rumah yang diinginkan. Kemudian, pilihlah lantai dengan desain yang sesuai dengan konsep rumah anda dan mempunyai kesan lebih indah dan nyaman.

Jendela dan Pintu

Banyak desain rumah yang tidak mempertimbangkan betapa pentingnya model jendela untuk sebuah bangunan. Pintu dan jendela memiliki peran yang terpenting dalam penampilan rumah dan bisa mengubah penampilannya secara signifikan. Pintu yang dibuat dengan bahan yang sangat tepat akan bertahan lebih lama (awet) sehingga Anda tidak perlu repot memperbaiki pintu di masa mendatang.

Rangka Atap atau Kuda-kuda

Kuda-Kuda atau rangka atap ini berfungsi untuk menopang atap dari genteng hingga reng. Rangka atap biasanya terbuat dari kayu.Sekarang sudah tersedia rangka atap yang terbuat dari baja ringan,yang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Atap

Ketika Anda melihat sebuah bangunan dari luar, Anda bisa melihat atapnya, yang terletak di bagian paling atas bangunan. Atap mempunyai tujuan untuk melindungi seluruh bagian dalam atau biasa disebut dengan interior bangunan tersebut dari cuaca seperti hujan, salju, dan angin yang kencang.

Inilah bagian-bagian penting dari konstruksi bangunan yang harus dipertimbangkan dengan cermat. Untuk memastikan bangunan dapat bertahan lama, usahakan agar selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas cukup baik.

Jika anda ingin membangun bangunan.Kami sarankan anda pakek jasa bangun.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini