Alat Masak Silikon vs Kayu, Mana Yang Anda Pilih?

Alat Masak Silikon vs Kayu, Alat masak memang wajib tersedia di seluruh hunian. Terlebih lagi, jika makin banyak alat untuk masak  yang bisa Anda gunakan sehingga kegiatan memasak jadi lebih praktis dan menyenangkan untuk dilakukan. Di pasaran, sudah terdapat dua jenis alat memasak favorit yang biasa digunakan, yaitu yang terbuat dari material silikon dan kayu, di mana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya yang tersendiri.

Nah, jika Anda  bingung  mau memilih mana yang pas untuk digunakan di rumah, Griya Bangun Indonesia akan membagikan informasi yang mengenai tentang alat masak silikon dan kayu. Di akhir pembahasan juga ada beberapa rekomendasi produknya yang bisa Anda pilih. Yuk, langsung saja simak selengkapnya!

Baca Juga : 7 Rekomendasi Model Jendela Teralis Tahun 2022

Alat Masak Silikon vs Kayu

Ada beberapa faktor yang dapat kita bedakan alat masak silikon dan kayu secara signifikan. Di antaranya adalah dari segi material, penggunaan, desain, perawatan hingga harganya. Yuk, simak selengkapnya!

1. Karakter Material

Alat Masak Silikon vs Kayu, Mana Yang Anda Pilih? - GBIshutterstock.com

Untuk faktor alat memasak berbahan kayu, material yang sering digunakan yaitu berbahan kayu jati asli dengan finishing food-grade beeswax sehingga aman ketika digunakan. Penggunaan bahan tersebut juga membuat menjadi awet dan tahan lama, terlebih juga ada banyak kitchen utensils kayu berbobot ringan sehingga tetap menjadi nyaman ketika digunakan.

Sementara itu, alat masak silikon terbuat dari bahann food grade, yang memiliki karakter ringan, berukuran tebal dan cukup kuat. Saat ini, ada juga beberapa produk alat masak silikon yang telah dilengkapi dengan handle berbahan kayu sehingga sangatlah mudah digunakan serta memberikan tampilan yang cantik.

2. Penggunaan Saat Memasak

Alat Masak Silikon vs Kayu, Mana Yang Anda Pilih? - GBI

shutterstock.com

Faktor berikutnya adalah keduanya sama-sama dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis hidangan. Tetapi, khusus untuk alat masak yang berbahan silikon, panas maksimal yang didukung oleh alat ini yaitu 230 derajat.

Selain itu, kitchen utensils yang terbuat dari bahan matrial silikon seperti spatula juga tidak akan menggores panci atau wajan ketika sedang digunakan, serta tidak akan menempel pada panci atau wajan. Berbeda dengan yang terbuat dari bahan matrial kayu, jika Anda kurang berhati-hati ketika menggunakannya, maka permukaan wajan Anda bisa saja tergores.

3. Desain Alat Masak

Alat Masak Silikon vs Kayu, Mana Yang Anda Pilih? - GBI

dekoruma.com

Faktor yang keempat peralatan masak berbahan material kayu memiliki tampilan desain klasik yang sangat cocok digunakan diberbagai konsep desain dapur. Sementara itu, alat masak silikon tampil dengan berbagai banyak warna sehingga cocok digunakan pada hunian yang bergaya modern. Bahkan peralatan masak yang terbuat dari bahan material silikon juga memiliki desain yang sangat beragam sehingga tak hanya cocok digunakan untuk memasak, tapi juga untuk menyajikan makanan.

Baca Juga : Panci Keramik dan Panci Teflon

4. Perawatan Alat Masak Silikon dan KayuAlat Masak Silikon vs Kayu, Mana Yang Anda Pilih? - GBI

shutterstock.com

Kedua alat masak ini harus memerlukan teknik perawatan yang berbeda. Untuk yang berbahan material silikon, biasanya lebih mudah untuk dibersihkan sehingga penggunaannya sangat tidak merepotkan. Sementara itu, yang terbuat dari bahan material kayu memerlukan proses pembersihan yang lebih detail agar sisa-sisa makanan bisa lenyap dan tidak menempel pada permukaannya karena bisa menyebabkan timbulnya jamur.

5. Harga Alat Masak Silikon vs Kayu

Alat Masak Silikon vs Kayu, Mana Yang Anda Pilih? - GBI

shutterstock.com

Faktor yang terakhir dari kedua alat untuk memasak ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Mengenai harganya, yang terbuat dari bahan material kayu biasanya dijual dengan banderol lebih murah jika dibandingkan dengan yang berbahan material silikon. Hal seperti ini karena biasanya alat masak silikon telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang modern.

Baca Juga : Mengenal Pondasi Bore Pile

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini