5 Jenis Genteng Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis dan Modern

5 Jenis Genteng Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis dan Modern. Setiap genteng memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Begitu juga tampilan secar fisik, ada yang nampak lebih mengkilap. Namun ada juga yang tampilannya terkesan biasa-biasa saja. Oleh karena itu, dengan mengetahui jenis-jenis genteng dapat menjadi referensi agar desain rumah minimalis atau modern yang diinginkan menjadi kenyataan.

5 jenis genteng yang cocok untuk rumah minimalis dan modern griya bangun indonesia

Genteng merupakan elemen yang penting bagi sebuah rumah. Berfungsi sebagai pelindung saat musim hujan dan musim panas. Saat musim hujan, genteng mampu menutup atap rumah agar air tidak bocar atau masuk ke dalam rumah melewati atap. Saat musim panas, genteng mampu menyesuaikan suhu udara di dalam rumah agar tidak terlalu panas seperti udara di luar.

Selain itu, genteng memiliki fungi yang lain. Yaitu, mempercantik tampilan rumah. Ini berkaitan dengan desain rumah yang ingin dibangun. Apakah modern ataukah minimalis. Untuk rumah modern terdapat berbagai pilihan jenis genteng yang bisa digunakan. Sehingga menampilkan kesan rumah yang modern. Begitu juga jika ingin membangun rumah minimalis, terdapat beberapa piliahan jenis genteng yang bisa digunakan.

Berikut adalah 5 jenis genteng yang cocok untuk rumah minimalis dan modern :

1. Genteng Beton. Seperti namanya genteng ini terbuat dari beton, yaitu campuran antara pasir dan semen yang dikombinasikan dengan pigmen warna serta diproses dalam suhu tertentu. Karena terbuat dari beton, tentunya genteng ini memiliki ukuran yang berat. Maka di perlukan rangka atap yang kuat. Rangka atap baja ringan bisa menjadi solusi tebaik jika menggunakan genteng beton karena memiliki daya kuat yang baik. Genteng jenis ini sangat cocok sebagai penutup atap rumah modern.

Keunggulan genteng beton :
  • Memiliki daya kuat yang baik.
  • Mampu mengatur suhu ruangan.
  • Peredam suara yang baik.
  • Bentuknya bervariasai.

BACA JUGA : Keunggulan dan kelemahan genteng beton

2. Genteng keramik. Jenis ini cocok untuk digunakan untuk rumah dengan desain modern. Karena memiliki warna dan efek mengkilap sehingga membuat rumah terkesan mewah dan modern. Efek mengkilap didapatkan dari tambahan keramik yang ditambahkan pada saat proses produksi.

Keunggulan genteng keramik :
  • Warna mengkilap.
  • Ramah lingkungan.
  • Mampu mengatur suhu ruangan.

3. Genteng tanah liat. Genteng tanah liat merupakan genteng yang lazim dan mudah ditemukan pada saat membangun rumah. Selain harganya yang murah, ia memiliki umur yang panjang asal tida tertimpa benda yang cukup berat. Memiliki ciri khas warnanya yang orange yang dapat mudah kita temukan pada rumah di desa maupun di kota. Sehingga cocok sebagai penutup atap rumah minimalis.

Keunggulan genteng tanah liat :
  • Harganya relative murah.
  • Tahan api.
  • Memiliki bobot yang ringan.
  • Proses pemasangan yang mudah.

4. Genteng metal. Genteng ini cocok sebagai penutup atap rumah minimalis. Berbeda dengan tiga jenis genteng di atas. Genteng ini memiliki struktur yang lebih panjang dan lebih lebar serta ringan. Sehingga membuat proses pemasangan jauh lebih mudah dan lebih cepat.

Keunggulan genteng metal :
  • Terbuat logam anti karet.
  • Bobotnya ringan.
  • Pemasangan mudah dan cepat.

5. Genteng aspal. Penggunaan jenis genteng ini masih jarang di temukan di pedesaan. Namun mudah ditemukan pada rumah minimalis diperkotaan. Ciri-cirinya adalah genteng ini berwarna hitam. Ya, hal ini karena menggunakan material aspal saat proses pembuatannya.

Keunggulan genteng aspal :
  • Fleksibel, bisa digunakan pada berbagai jenis rangka atap (kayu, baja ringan , dll).
  • Anti bocor.
  • Modelnya simpel.

Itulah 5 jenis genteng yang bisa anda pertimbangkan untuk mewujudkan rumah minimalis maupun modern yang anda impikan. Agar bisa bebas memilih jenis genteng dan material apa saja yang digunakan. Alangkah baiknya membangun rumah sendiri, daripada membeli. Untuk membangun rumah sendiri, pilihan jasa kontraktor terbaik yang berpengalaman dan terpercaya seperti Griya Bangun Indonesia.

BACA JUGA : Keuntungan membangun rumah sendiri 

Namun jika anda ingin merenovasi rumah, kami sarangkan agar berkonsultasi terlebi dahulu dengan jasa renovasi yang anda pilih. Supaya mendapat masukan dan pilihan genteng yang baik.

 

 

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini