5 Jenis Atap Multiroof Lengkap Dengan Keuntungan dan Kekurangan

5 jenis atap multiroof lengkap dengan keuntungan dan kekurangannya yang patut untuk dipertimbangkan jika Anda ingin menggunakan salah satunya untuk pembangunan rumah Anda.

Atap rumah merupakan elemen yan sangat penting untuk melindungi interior rumah dari panasnya sinar matahari dan dinginnya air hujan. Oleh karena itu, pemilihan material atap yang baik sangat perlu diperhatikan agar penghuni rumah makin nyaman dan aman.

Hingga tahun 2023, terdapat berbagai macam penutup atap yang bisa dipilih. Mulai dari genteng tanah liat, genteng beton, alderon, dll. Masing-masing jenis penutup atap tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya. Mulai dari ketahanan akan daya panas hingga harga yang murah. Saran kami, agar tinggal di dalam rumah lebih nyaman alangkah baiknya memilih penutup atap yang mampu menyerap terik panas matahari dengan baik. Sehingga ketika cuaca di luar rumah sedang terik panas, di dalam rumah tetap dingin.

Namun, pada tahun 2023 ini, banyak masyarakat yang memilih penutup atap multiroof sebagai penutup atap rumahnya. Penutup atap multiroof adalah penutup atap yang bahan baku utamanya adalah seng dan aluminium. Sudah mudah untuk ditemui di toko-toko bangunan. Alasan utamanya adalah cepatnya proses pemasangan dan harga yang lebih ekonomis dibanding dengan yang lain.

Karena terbuat dari bahan dasar seng dan aluminium, secara durability (ketahanan) sudah tidak diragukan lagi. Tentu usia pemakaiannya akan sangat panjang. Tetapi kemampuan untuk meredam panas sangat kecil, sehingga akan membuat suasana interior rumah jadi panas. Tentu tidak baik untuk kesehatan. Tetapi, karena harganya yang cukup terjangkau, atap ini bisa untuk dipertimbangkan.

Berikut adalah 5 jenis atap multiroof dari Griya Bangun Indonesia, baca sampai ya!

1.Penutup Atap Multiroof Galvalum

 

5-jenis-atap-multiroof-keuntungan-dan-kelemahannya
poroofing.com

Jenis penutup atap yang satu ini mungkin sudah mudah dijumpai di rumah-rumah perkotaan. Mudah dan cepatnya pemasangan membuat atap multiroof galvalum menjadi pilihan utama.

Salah satu keuntungan penggunaan galvalum adalah daya tahan yang kuat karena bahan materialnya seng dan aluminium. Membuatnya tahan dalam segala kondisi baik hujan maupun panas.

Kekurangan penggunaan atap multiroof galvalum adalah daya serap terhadap panas. Daripada meredam panasnya sinar matahari , ia justru menyalurkannya ke seisi ruangan yang membuat ruangan menjadi terasa panas ketika siang hari. Jika tidak memiliki kipas angin ataupun AC, panasnya akan terasa sekali.

Hubungi Call Center Griya Bangun Indonesia untuk info pembelian dan pemasangan atap multiroof galvalum disini.

2. Penutup Atap Multiroof Standing Steam

 

5-jenis-atap-multiroof-griya-bangun-indonesia
shutterstock.com

Jenis penutup atap mutiroof standing steam biasanya diaplikasikan pada rumah dengan gaya minimalis. Yang memilih warna-warna gelap seperti gambar diatas. Ciri-ciri penutup atap multiroof standing steam adalah aksen garis lurus memanjang yang rapi dan warnanya yang mengkilap.

Salah satu keuntungan penggunaan atap multiroof standing steam adalah mampu meminimalisir pergeseran saat terjadi peristiwa bencana alam. Kemampuan ini didapatkan karena rangka atap dipasangkan dengan sistem interlock  (menyatu secara langsung dengan genteng atap).

3. Penutup Atap Multiroof Sand Coated

 

5-jenis-atap-multiroof-griya-bangun-indonesia
eagleroofing.com

Dilihat dari gambar diatas, penutup atap multiroof sand coated cocok digunakan untuk rumah mewah bergaya klasik eropa. Yang memiliki lantai 2 dengan luasan lahan yang luas. Sementara itu, jika dipasangkan pada rumah minmalis, tentu akan kurang cocok.

Harga penutup atap multiroof sand coated ini terbilang lumayan mahal. Karena bahan dasar pembuatan atap ini adalah lapisan serbuk bebatuan yang kemudian dicampurkan dengan aneka material logam. Yang membuatnya memiliki karakteristrik sebagai berikut : anti gores, anti pecah dan mampu meredam panas dengan sangat baik.

4. Penutup Atap Multiroof Cooper

 

5-jenis-atap-multiroof-griya-bangun-indonesia
homeadvisor.com

Penutup atap multiroof Cooper seperti gambar di atas cocok diimlementasikan untuk rumah bergaya amerika dan eropa. Yang banyak menggunakan bahan material kayu sebagai elemen utama pembangunan rumahnya.

Ciri utama penutup atap multiroor cooper adalah warna finishingnya yang berwarna kuning agak kemerahan atau mirip warna kayu. Sehingga sangat cocok untuk dikombinasikan dengan rumah bergaya japandi, eropa dan amerika.

Keuntungan penggunaan penutup atap multiroof cooper seperti diatas, durability yang sangat kuat. Namun daya serap terhadap panas kurang , sehingga membuat interior menjadi panas.

5. Atap Multiroof Metal Spandek

 

5-jenis-atap-multiroof-griya-bangun-indonesia
athariz-steel.com

Jenis penutup atap yang terakhir yaitu metal spandek. Sangat umum dipakai dan dijumpai pada rumah-rumah yang ada diperkotaan maupun toko. bentuknya yang ringan, cepat pemasangan, dan harga yang lumayang terjangkau menjadi pilihan utama masyarakat.

Namun, daya tahan panasnya rendah, membuat interior menjadi sangat panas. Dan ketika hujan tiba, suara percikan air menjadi sangat besar dan mungkin akan mengganggu.

Itu adalah 5 jenis atap mutiroof lengkap dengan keuntungan dan kekurangan yang bisa dijadikan referensi pembangunan rumah Anda. Griya Bangun Indonesia jasa kontraktor dan jasa desain arsitek profesional siap mewujudkan rumah impian Anda.

promo-edelweiss-griya-kampus-november-2

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini