5 Ciri-Ciri Meteran listrik Dirumah Rusak

Meteran listrik adalah alat untuk mengukur penggunaan listrik setiap hari di rumah. Dengan adanya kWh Meter ini, pengguna atau petugas PLN bisa mengetahui berapa besar pemakaian listrik. Anda juga bisa mulai melakukan tindakan jika merasa penggunaan listriknya berlebihan. Nah, agar meteran listrik tetap bekerja dengan baik, kamu harus memeriksanya secara rutin. Ciri-ciri kerusakannya termasuk jika saat mengisi nomor token listrik gagal. Dibawah ini adalah 5 ciri-ciri meteran listrik rusak?

5 Ciri-Ciri Meteran listrik Dirumah Rusak

1. Muncul Tulisan Periksa

Muncul tulisan periksa pada kwh adalah ciri ciri meteran listrik rusak yang bisa terjadi karena komponen internal kwh meter yang sudah rusak. Penyebabnya adalah pengawatan instalasi rumah yang salah hingga instalasi listrik. Jika ada kejanggalan pada fitur volt meter, ampere meter, dan watt meter maka kemungkinan meteran listrik mengalami kerusakan. Ini bisa terjadi pada meteran listrik prabayar rusak. langsung minta petugas PLN untuk mengeceknya secara langsung.

2. Muncul Kode Error

Pengguna listrik prabayar pasti pernah mengalami meteran listrik muncul kode error. Jika hal tersebut terjadi, jangan panik karena munculnya kode error tersebut masih bisa diperbaiki. Kode error bisa jadi ciri ciri meteran listrik rusak sehingga harus ditangani dengan cepat. Setiap kesalahan kode pada meteran listrik tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda. Jadi, segera panggil petugas PLN untuk menghindari risiko.

BACA JUGA :  Ayo Kita Cari Tau Apa Itu Konstruksi Bangunan?

3. Tombol Kwh Meter Macet

Tombol keypad pada kwh tidak berfungsi atau macet adalah tanda meteran listrik rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena meteran yang sudah lama atau penggunaan yang tidak hati-hati. Kalau dibiarkan, tentunya akan berisiko terutama saat pulsa token mau habis. Untuk itu, laporkan PLN agar meteran listrik diganti dengan yang baru. J angan pernah mengutak-atik kwh secara mandiri karena Anda bisa dikenakan denda.

4. Kwh Meter Tidak Menyala

Kwh meter yang tidak menyala merupakan indikasi meteran listrik rusak. Kondisi tersebut kemungkinan meteran listrik harus diganti dengan yang baru. Salah satu ciri meteran rusak jika tidak menyala adalah tak bisa mengalirkan listrik sama sekali.

5. MCB Tidak macet

Miniature Circuit Breaker (MCB) ini merupakan komponen terpenting dalam kelistrikan. MCB yang tidak berfungsi atau naik turun wajib Anda perhatikan. MCB bisa mengakibatkan kerusakan pada meteran listrik secara keseluruhan.

 

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini